Estimasi Biaya Transportasi Umum Menuju Gunung Gede Pangrango via Cibodas

dok. TNGGP

Mounture.com — Gunung Gede Pangrango merupakan salah satu gunung favoritnya para pendaki. Sebab, gunung ini berada tidak jauh dari kota Jakarta serta waktu pendakian ke gunung ini relatif singkat, serta akses transportasinya pun terbilang cukup mudah.

Untuk bisa mendaki ke Gunung Gede Pangrango, kalian bisa melewati beberapa jalur pendakian, yakni Cibodas, Putri, dan Salabintana. Adapun jalur pendakian via Cibodas, merupakan salah satu jalur favorit.

Lantas, bagaimana caranya untuk bisa sampai ke basecamp Cibodas dari Jakarta? Tenang, nggak perlu khawatir, karena pendaki bisa menggunakan beberapa pilihan moda transportasi, yakni kendaraan pribadi atau umum. Untuk kendaraan umum, kalian bisa memilih menggunakan bus atau kereta dari Jakarta.

Baca juga: Estimasi Biaya Transportasi Umum Menuju Gunung Gede Pangrango-via-Putri

Untuk menggunakan bus, kalian bisa naik bus Marita jurusan terminal Kampung Rambutan – Cianjur via Puncak dan turun di pertigaan Kebun Raya Cibodas lalu kemudian naik ojek untuk sampai ke basecamp-nya. Biaya yang harus dikeluarkan jika menggunakan bus sekitar Rp25.000 per orang serta biaya ojek sekitar Rp25 ribu.

Selain bus, kalian juga bisa menggunakan kereta yakni KRL jurusan ke Bogor dengan biaya Rp6.000. Kemudian dilanjutkan dengan naik angkutan menuju ke terminal Baranangsiang, dilanjutkan dengan naik elf jurusan Cianjur, lalu turun dipertigaan Kebun Raya Cibodas, dan dilanjutkan dengan menggunakan ojek. Biaya dari stasiun Bogor hingga ke Cibodas kurang lebih mencapai Rp30 ribu per orang

Sementara untuk biaya lainnya, seperti SIMAKSI online sebesar Rp34 ribu per orang untuk hari libur, dan Rp29 ribu untuk hari kerja, lalu biaya cek kesehatan sebesar Rp25 ribu. Namun di saat pandemi seperti saat ini, pendaki diminta untuk menyerahkan juga surat hasil Rapid Test. (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.