0

Terungkap! Maling Barang Pendaki di Gunung Slamet

(Mounture.com) — Pengelola basecamp Gunung Slamet via Bambangan berhasil mengungkap terduga pelaku pencurian barang-barang milik pendaki yang melakukan pendakian ke Gunung Slamet. Hal tersebut diungkapkan akun instagram @slametviabambangan.

Dalam postingan foto di akun tersebut, terungkap dua orang pelaku yang diduga sebagai pencuri barang-barang pendaki beserta dengan barang bukti berupa peralatan pendakian yang terbilang cukup banyak. Mulai dari tas carrier, sepatu gunung, tenda hingga gas kaleng.

“Dibutuhkan koordinasi intensif dan upaya nyata, mengingat adanya beberapa pertemuan jalur dengan basecamp sebelah dan meningkatnya jumlah pendaki. Alhamdulillah salah satu dari entah berapa banyak yang selama ini meresahkan jalur bambangan berhasil di bekuk,” tulis akun @slametviabambangan, Minggu (16/6).

“Terima kasih atas informasi, pengaduan dan koordinasi semua pihak. Kepada para pendaki dihimbau untuk lebih waspada, jangan meninggalkan barang berharga dan lainnya di jalur pendakian, koordinasi dengan team dan saling menjaga,” tambah akun tersebut.

Sementara untuk kronologi mengenai pengungkapan terduga pencurian peralatan pendakian tersebut, dijelaskan oleh Rully (@rully_alvarez) yang sempat menanyakan perihal kronologi penangkapan kepada pihak basecamp Bambangan.

Menurutnya, kronologi penangkapan terjadi berawal dari salah satu ponsel (HP) pendaki yang dulu hilang ketika melakukan pendakian ke Gunung Slamet. Kemudian, pemilik ponsel melakukan penelusuran menggunakan sinyal GPS dan kedapatan sinyal tersebut berasal dari daerah Pulosari, Pemalang, Jawa Tengah.

“Di telusuri sinyal GPS ada di daerah Pulosari, Pemalang tapi HP sudah di jual. Dari situ ketahuan yang menjual HP adalah pelaku,” tutur Rully.

Lebih lanjut dia menjelaskan, kemudian teman-teman dari basecamp (BC) Bambangan menyelusuri 3 hari yang lalu (Kamis, 13 Juni 2019) dan akhirnya menemukan rumah terduga pelaku pencurian ponsel tersebut.

“Dan akhirnya ketahuan barang bukti di rumah pelaku, banyak barang-barang curian yang masih disimpan, akhirnya pelaku 2 orang dan barang bukti di bawa ke BC Bambangan dan sudah di urus ke pihak berwajib. Sampai sekarang masih di telusuri masih ada pelaku lainnya,” ungkapnya. (MC/DC)

Foto: dok. Instagram/@slametviabambangan