Catat! Ini Cara Reschedule Pendakian Gunung Semeru

Pintu masuk TNBTS (Mounture.com/Rani)

Mounture.com — Usai ditutup sejak November 2020 lalu karena adanya peningkatan vulkanik, akhirnya Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) resmi membuka kembali kegiatan pendakian Gunung Semeru pada Kamis, 1 April 2021.

Dari masa penutupan sejak tahun lalu tersebut, banyak calon pendaki yang sudah melakukan booking online dan pihak TNBTS pun meminta kepada calon pendaki untuk melakukan penjadwalan ulang yang bisa dilakukan saat pembukaan kembali Gunung Semeru.

Dikutip dari laman Booking Online Gunung Semeru (bookingsemeru.bromotenggersemeru.org), dijelaskan bahwa calon pendaki yang ingin melakukan penjadwalan ulang atau reschedule bisa melakukannya melalui laman reschedule.bromotenggersemeru.org.

Baca juga: Alur Booking Online Semeru

Pada laman itu disebutkan empat poin alur untuk bisa melakukan reschedule diantaranya cermati SOP Pendakian Semeru, Verifikasi kode BO (booking online), Edit Data yaitu pilih tanggal, edit data ketua/anggota, selanjutnya ‘Kirim’. Kemudian poin terakhir, cetak bukti yakni cetak bukti booking reschedule melalui link email ketua pendakian.

Adapun langkah yang bisa dilakukan calon pendaki untuk melakukan reschedule antara lain:

1. Verifikasi kode booking dengan memasukkan kode booking pada menu pencarian.
2. Selanjutnya memasukkan nomor ponsel atau email ketua pendakian.
3. Isi checklist persyaratan, selanjutnya click ‘Submit’.
4. Pilih tanggal reschedule yang tersedia.
5. Edit data ketua atau anggota, Selanjutnya click ‘Kirim’.
6. Cetak bukti reschedule booking Semeru (dicetak sebanyak dua rangkap, 1 buah untuk petugas TNBTS, dan 1 buah untuk pendaki sebagai dokumen naik dan turun pendakian).

Perlu dicatat, untuk bisa melakukan reschedule pendakian, maka calon pendaki harus menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku, yakni jumlah pendaki yang ditetapkan dapat mendaki Gunung Semeru dengan cara reschedule maksimal adalah sebanyak 30 orang per hari.

Kemudian, pendakian dilaksanakan dalam bentuk kelompok kecil dengan jumlah pendaki antara 4-7 orang, kurang dari itu khusus reschedule dapat bergabung dengan kelompok lain. Lalu, batas selama pendakian yang diijinkan maksimal 3 hari 2 malam. (MC/PC)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.