Begini Alur Booking Online Semeru

(Mounture.com) — Banyaknya keluhan dari para calon pendaki Gunung Semeru terkait kesulitannya dalam melakukan berbagai metode dalam proses booking online, rupanya disikapi oleh Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) dengan memperbaiki sistem pada website booking online.

Belum lama ini, BB TNBTS melakukan perbaikan pada tampilan laman resmi untuk booking pendakian ke Gunung Semeru. Melalui laman bookingsemeru.bromotenggersemeru.org tampilannya kini terbilang lebih baik dan mudah dipahami.

“Adanya pembaharuan sistem ini diharapkan dapat semakin membantu dan mempermudah sahabat dalam melakukan proses pendaftaran hingga pembayarannya,” tulis akun Instagram resmi BB TNBTS @tnbromotenggersemeru.

Di laman booking online itu pun, pihak BB TNBTS menyediakan tutorial mengenai cara-cara melakukan booking online. Mulai dari tahap awal hingga ke tahap akhir pendaftaran.

Adapun alur booking online Semeru sebagai berikut:

1. Buka browser dengan alamat URL: http://bookingsemeru.bromotenggersemeru.org
2. Cermati SOP Pendakian, selanjutnya klik menu Selanjutnya
3. Lengkapi dan centang data sesuai daftar check list sampai muncul menu Daftar
4. Pilih tanggal berangkat sesuai dengan kuota yang tersedia
5. Lengkapi form booking dengan mengisi data ketua serta data anggota (apabila pendaftaran lebih dari 1 orang)
6. Klik menu Kirim
7. Cek nomor Virtual Account. Untuk pengecekan bisa melalui halaman website booking online (masukkan kode booking pada halaman pencarian di website booking online) atau melalui email calon ketua pendakian, lakukan pembayaran dengan Virtual Account. Apabila tidak dilakukan pembayaran selama 5 jam dari waktu pendaftaran/booking maka akan tertolak atau hangus.
8. Setelah melakukan pembayaran, ketua kelompok akan menerima sms dan email bukti pembayaran.
9. Cetak Bukti Pendaftaran, Surat Pernyataan dan Daftar Perlengkapan untuk dibawa ke lapangan > cek melalui website
10. Cetak Bukti Pendaftaran, Surat Pernyataan dan Daftar Perlengkapan untuk dibawa ke lapangan > cek melalui email ketua kelompok. (MC/PC)