Ini Pendaki Pertama Gunung Semeru Pasca Dibuka 12 Mei 2019

(Mounture.com) — Noistasya Poersdio dari Jerman beserta 3 orang rekannya menjadi pendaki pertama pada pembukaan pendakian ke Gunung Semeru pasca dibukanya jalur pendakian tersebut pada 12 Mei 2019.

Menjadi rombongan pertama dalam pembukaan jalur pendakian Semeru, pendaki asal Jerman berusia 22 tahun ini pun ikutserta dalam kegiatan upacara adat sebelum mendaki.

Pembukaan pendakian dilaksanakan pada 12 mei 2019 diawali dengan upacara adat Tengger Ranu Pani yang dipimpin oleh Bambang Sujoko (Dukun Tengger Ranu Pani) yang bertujuan meminta perlindungan kepada Tuhan Yang Maha Esa agar selama pendakian di buka selalu dilindungi dari mara bahaya dan selalu ada dalam keselamatan serta memberikan kesejahteraan untuk masyarakat Ranu Pani.

Pada tahun 2019 ini pendakian semeru tetap memberlakukan kuota 600 orang per hari dan menggunakan sistem booking online yang di tahun 2019 ini sudah menggunakan sistem virtual account sehingga lebih memudahkan pendaki dalam booking pendakian ke Semeru.

Meski diminati 25 pendaki, pembukaan pendakian Semeru ini menjadi momen yang ditunggu oleh pecinta pendakian khususnya Semeru. (MC/RL)