1 April 2021, Pendakian Gunung Semeru Kembali Dibuka

Gerbang awal pendakian Gunung Semeru (Mounture.com/Rani)

Mounture.com — Kabar gembira bagi para pendaki yang kangen mendaki Gunung Semeru, sebab Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) mengumumkan akan kembali membuka kegiatan pendakian Gunung Semeru mulai Kamis, 1 April 2021.

Bahkan, TNBTS sudah memberikan kelonggaran waktu maksimal pendakian menjadi 3 days trip (3 hari 2 malam) dengan batas rekomendasi pendakian sampai Kalimati saja. Pembukaan kegiatan pendakian itu berdasarkan surat edaran bernomor PG.08/T.8/BIDTEK/BIDTEK.1/KSA/3/2021 tertanggal 29 Maret 2021.

Dalam surat edaran itu dijelaskan bahwa pembukaan kegiatan pendakian Gunung Semeru berdasarkan hasil Rapat Koordinasi Pembukaan Jalur Pendakian Gunung Semeru pada 29 Maret 2021.

“Dengan ini diumumkan bahwa pendakian Gunung Semeru pada masa adaptasi kebiasaan baru di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dibuka kembali pada hari Kamis 1 April 2021,” tulis surat edaran TNBTS.

Adapun pembukaan kegiatan pendakian itu juga diharuskan bagi pendaki untuk mematuhi persyaratan yang telah ditentukan TNBTS diantaranya:

1. Menerapkan SOP Pendakian Gunung Semeru pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru di TNBTS
2. Pembelian karcis masuk melalui booking online pada situs bookingsemeru.bromotenggersemeru.org
3. Jumlah kuota pendakian yang disepakati adalah 180 orang per hari (30% DD/DT), kemudian diadakan monev untuk kuota pendakian di bulan berikutnya
4. Batas lama pendakian yang diizinkan maksimal adalah 3 hari dan 2 malam
5. Batas pendakian maksimal adalah hingga Kalimati. (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.