Teknik Dasar dalam Kegiatan Survival

(Mounture.com) — Melakukan kegiatan di luar ruang (outdoor) ada hal-hal yang tak terduga bisa saja terjadi yang diakibatkan oleh berbagai macam sebab dan akibat. Adapun untuk bisa bertahan hidup di alam bebas, kita pun mesti mempersiapkan segalanya agar tetap bertahan semampu mungkin.

Nah, untuk lebih memperdalam pengetahuan akan teknik bertahan hidup, berikut ini mounture.com rangkum dari berbagai sumber mengenai 4 teknik dasar yang harus dilakukan untuk bertahan hidup di alam bebas.

1. Api,

Api digunakan sebagai elemen yang sangat penting dalam kegiatan untuk bertahan hidup, karena memiliki fungsi sebagai penerangan, untuk kebutuhan memasak, penghalau binatang buas agar tidak mendekat, penghangat badan dan dapat memberikan signal di mana keberadaan survivor tersebut.

2. Tenda atau Shelter,

Tenda digunakan sebagai tempat tinggal sementara untuk berlindung para survivor pada saat dilakukannya kegiatan survival.

3. Air dan Makanan,

Air dan makanan juga merupakan bagian sangat penting dalam kegiatan survival. Karena para survivor tidak akan mampu bertahan hidup dengan tanpa adanya air dan makanan.

4. Pertolongan Pertama,

Pertolongan pertama disini bukan diartikan dalam kategori medis. Namun kategori psikologis di mana survivor akan dituntut untuk tidak panik. Karena kepanikan justru akan memperburuk keadaan survivor sendiri. Pertolongan pertama tersebut dapat dilakukan dengan metode STOP, yaitu Sit, Think, Observe dan Plan. (MC/PC)

Foto: Instagram/@abd_azizjamal 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.