Ini Manfaat Lumut dalam Kegiatan di Alam Bebas

(Mounture.com) — Sering kali ketika melakukan kegiatan pendakian ke gunung-gunung yang memiliki vegetasi hutan hujan basah, kita akan menemui banyak tumbuhan lumut yang menempel di bebatuan, maupun di batang-batang pohon. Tapi tahukah kalian, jika tumbuhan lumut ini memiliki banyak manfaat?

Dilansir dari akun Instagram @ridge.adventure, berikut ini beberapa manfaat tumbuhan lumut dalam kegiatan di alam bebas yang perlu diketahui, diantaranya:

1. Sebagai sumber air

Cukup dengan mengumpulkan lumut (mosses) yang masih basah dan peras di atas bahan kain yang bersih sebagai saringan, lalu kumpulkan airnya di wadah untuk diminum.

2. Sebagai penunjuk arah mata angin

Coba perhatikan ketika kita berada di tengah hutan, lumut akan selalu tumbuh ke arah Barat. Hal ini disebabkan karena tumbuhan selalu memerlukan matahari untuk berfotosintesis dan tetap hidup, maka dari itu pepohonan dengan daun yang lebat mengarah ke hadapan datangnya matahari terbit (Timur).

Sedangkan lumut, membutuhkan kelembaban untuk tumbuh, oleh karena itu, lumut selalu mencari area yang tidak terkena matahari secara langsung. Tumbuhan ini akan menunjukkan arah barat di mana matahari selalu lebih rendah ketika akan tenggelam.

3. Sebagai penunjuk sumber air

Lumut hidup dengan menyerap air tidak dari tanah secara langsung, tetapi dari permukaan yang basah. Ini karena lumut merupakan tumbuhan sederhana dari semua spesies tumbuhan. Semakin banyak dan rapatnya vegetasi lumut di atas tanah dan bebatuan, maka semakin dekat juga sumber air.

4. Sebagai pengganti kapas untuk pembalut luka

Daya serap lumut yang tinggi dapat difungsikan sebagai ‘spon’ atau ‘kapas’, ketika kita mendapatkan luka sobek dapat dibalut dengan menggunakan lumut kering dibalut dengan kain, bahkan beberapa jenis lumut memiliki zat antiseptik dan berdasarkan penelitian ekstrak lumut dapat digunakan sebagai pengobatan beberapa penyakit, misalnya Hepatitis.

5. Sebagai bahan serap untuk pembalut menstruasi

Bagi kalian para wanita, jika dalam kondisi datang bulan atau haid lalu lupa membawa pembalut, maka bisa menggunakan lumut. Caranya adalah cari lumut kering, bungkus di slayer atau kain bersih.

Gunakan sebagai pembalut emergency, ketika mulai penuh. Buang lumut dan bersihkan kain pembungkusnya, keringkan, ganti. Dengan begini, kita juga mengurangi sampah dari kertas (woven) pembalut yang kita pakai.

6. Sebagai Tisu

Lumut pun bisa digunakan sebagai pengganti dari tisu basah. Lumut Basah dahulu untuk membersihkan kotoran, disusul dengan lumut kering untuk membersihkan sisa. Bonus tambahan, kandungan di dalam lumut juga dapat menyembunyikan bau kotoran atau feses. Gali lubang, bersihkan dengan lumut, buang lumut ke dalam lubang, lalu timbun. (MC/RL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.