0

Mau Staycation? Ini Langkah Persiapannya

Ilustrasi (dok. Freepik.com)

Mounture.com Staycation adalah salah satu cara berlibur yang mudah dan nyaman tanpa perlu pergi keluar kota atau luar negeri, cukup memesan kamar hotel, villa, atau apartemen di seputaran kota untuk menikmati waktu bersama keluarga tercinta. Staycation merupakan salah satu cara mudah melepaskan kepenatan di masa kenormalan baru.

Namun, sebelum menjalankan staycation, ada beberapa hal harus diperhatikan, apalagi mengingat saat ini pandemi Covid-19 belum sepenuhnya berakhir. Berikut ini beberapa langkah persiapan menjalankan Staycation yang sehat, mudah, nyaman, dan aman seperti dilansir dari keterangan resmi Auto2000, belum lama ini.

1. Perhitungkan budget

Target dari staycation adalah menikmati waktu luang bersama keluarga saat weekend sehingga tidak membutuhkan anggaran yang besar. Kalian wajib mencari informasi mengenai tempat menginap yang sesuai budget, tapi punya fasilitas yang memadai untuk santai sejenak.

Perhitungkan biaya bila mau menginap di lokasi yang tidak memiliki restoran. Jangan lupa anggarkan pula biaya operasional kendaraan seperti bensin, tol, dan parkir.

2. Cari hotel sesuai kebutuhan

Saat ini banyak hotel menawarkan paket wisata memikat dengan promo besar-besaran. Bandingkan beberapa opsi sebelum memilih salah satu. Sebelum booking, hubungi pihak hotel atau apartemen untuk menanyakan syarat menginap terkait wabah Covid-19, termasuk bagaimana protokol kesehatan yang mereka jalankan. Sebaiknya urungkan niat staycation bila pihak hotel tidak memiliki aturan yang jelas.

3. Buat itenerary singkat

Kalian akan menginap dalam waktu singkat 1 atau 2 malam saja di hari libur. Oleh sebab itu, persiapkan rencana kegiatan dengan baik supaya liburan bisa berjalan nyaman dan berkesan.

4. Bawa tas siaga Covid-19

Wabah belum usai, dan kalian harus menjalankan protokol kesehatan yang ketat jika ingin staycation dengan aman dan nyaman. Tas ini berisi perlengkapan pribadi untuk mencegah penularan virus Covid-19 seperti masker cadangan, hand sanitizer, sabun cair, tisu pembersih, kantong pakaian kotor, dan perlengkapan makan pribadi.

Perlengkapan dalam tas ini juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan peralatan di hotel yang dipakai saat menginap.

5. Jalankan protokol kesehatan

Mau santai bukan berarti boleh lengah, dan kalian harus menjalankan protokol kesehatan dengan ketat. Usahakan untuk selalu menjaga jarak aman dan tidak berkerumun, termasuk ketika berada di dalam mobil, menggunakan masker, dan mencuci tangan sesering mungkin.

6. Persiapkan kendaraan

Salah satu keuntungan staycation adalah lokasi menginap tidak jauh dari rumah sehingga bisa didatangi bermodalkan mobil kesayangan. Supaya mobil tidak mengalami kendala, lakukan servis berkala di bengkel. (MC/OM))