0

Estimasi Biaya Mendaki Gunung Arjuno – Welirang via Purwosari

Gunung Arjuno (dok Instagram/@tulussusanto1)

Mounture.com — Gunung Arjuno dan Gunung Welirang merupakan gunung yang berada di Provinsi Jawa Timur, tepatnya berada di perbatasan antara Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang dan Kota Batu, masuk dalam kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo.

Kedua gunung ini memiliki posisi yang bersebelahan, oleh karenanya gunung ini sering disebut Gunung Arjuno Welirang. Untuk bisa mendaki ke gunung ini, pendaki bisa melalui 4 jalur pendakian, yaitu jalur Tretes, jalur Lawang, jalur Purwosari dan Jalur Batu. Adapun jalur Tretes dan Purwosari merupakan jalur favorit kedua gunung ini.

Berikut ini estimasi biaya untuk mendaki ke Gunung Arjuno Welirang via Purwosari bagi kalian yang berangkat dari Jakarta yang dirangkum dari berbagai sumber. Sekedar catatan, estimasi biaya ini bisa saja berubah sewaktu-waktu. Jadi estimasi biaya ini hanya sebagai gambaran biaya saja.

Dari Jakarta, kalian bisa menggunakan moda transportasi kereta api dengan jurusan Stasiun Pasar Senen – Stasiun Malang dengan biaya Rp109 ribu (KA Matarmaja). Kemudian dari St. Malang, kalian bisa menyewa angkutan menuju ke basecamp Purwosari dengan biaya Rp200 ribu per 5 orang.

Selanjutnya, untuk biaya tiket pendakian yang dipatok oleh pihak pengelola yaitu sebesar Rp30.600 per orang untuk 3 hari pendakian.

Sementara untuk biaya transportasi pulang, dari basecamp Cangar ke St. Malang bisa menyewa angkutan dengan biaya yang harus dikeluarkan sebesar Rp300 ribu per 5 orang. Lalu, dari St. Malang menuju ke St. Pasar Senen dengan kereta api Matarmaja biaya yang dikeluarkan Rp109 ribu.

Jadi total biaya yang dikeluarkan untuk satu orang pendaki adalah sebesar Rp388.600. Sedangkan untuk biaya logistik pendakian bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. (MC/PC)