Ini Beberapa Pasar Setan di Gunung Indonesia yang Terkenal

Ilustrasi (dok.wikimedia)

Mounture.com — Misteri pasar setan memang menjadi buah bibir tak hanya oleh masyarakat setempat tetapi juga para pendaki yang melakukan pendakian ke gunung. Ada beberapa gunung di Indonesia yang memiliki pasar mistis itu.

Adapun pasar setan ini diindentikan dengan suara-suara bising layaknya pasar, namun penampakan dari suara bising tersebut tidak terlihat secara kasat mata. Selain itu, suara-suara bising yang didengar juga terkadang hanya dirasakan oleh beberapa orang saja yang peka terhadap dunia gaib.

Nah, berikut ini beberapa pasar setan yang konon pernah ditemui oleh para pendaki gunung, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Pasar setan Gunung Arjuno

Lokasinya berada sebelum puncak dari Gunung Arjuno, di mana terdapat beberapa makam. Banyak pendaki yang mengaku pernah mendengar suara ramai layaknya pasar di lokasi itu. Bahkan ada yang mengisahkan bahwa pernah suatu malam, seorang pendaki membeli jaket di pasar tersebut.

Keesokan harinya jaket yang dibeli itu masih ada namun uang kembalian dari pembelian jaket tersebut berubah menjadi daun.

2. Pasar setan Gunung Lawu

Pasar setan Gunung Lawu memang tidak terlihat dengan mata biasa dan informasi yang beredar, jika melewati lokasi dari pasar itu maka akan terdengar keramaian. Tapi hanya orang-orang tertentu yang bisa mendengarnya.

Jika kalian mendengar suara ‘arep tuku apa mas/mbak? (mau beli apa mas/mbak)’ sebaiknya kalian menjawabnya seakan-akan mau membeli barang yang ada di sekitar kalian, seperti beli batu, tanah, daun atau apapun itu. Selain itu, kalian juga disarankan untuk membuang uang kalian, berapa pun nilainya.

Lalu petiklah daun seperti sedang berbelanja. Jika ini tidak dilakukan, konon kalian bakal menghadapi masalah di Gunung Lawu.

3. Pasar Bubrah Gunung Merapi

Pasar bubrah merupakan pasar setan yang terkenal dengan keangkerannya. Bagi yang tidak bisa melihat, biasanya akan merasakan dan mendengar suara-suara gamelan serta suara gaduh keramaian pasar.

4. Pasar Anjaya Gunung Bawakaraeng

Pasar ini berada di kawasan antara Gunung Bawakaraeng dengan hutan Gunung Lompobattang. Banyak pendaki saat beristirahat di kawasan ini mendengar suara-suara gemuruh layaknya keramaian pada pasar. Namun, ketika mereka melihat dan keluar tenda, mereka tidak menemukan apa-apa.

5. Pasar Watu Gunung Sumbing

Pasar Watu atau pasar setan ini posisinya ada sebelum sampai di Watu Kotak. Penampakan yang sering terjadi di lokasi ini adalah kehadiran sesosok kakek tua dan mahkluk gaib lainnya sedang naik-turun berlarian.

6. Pasar Dieng Gunung Merbabu

Lereng Gunung Merbabu ini cukup terkenal dengan pasar setan atau sering disebut dengan Pasar Dieng. Namun ada sebuah kisah tentang pendaki yang bertemu dengan sosok gadis misterius pecinta alam yang meninggal saat pendakian. Sang gadis akan mengajak pendaki berputar di kawasan yang sama dan beristirahat persis di pinggir jurang yang bisa saja menjatuhkan pendaki ke jurang itu.

7. Pasar setan Gunung Salak

Kisah pasar setan yang mistis ini didukung dengan adanya kerajaan siluman dan makam di puncak ini.

Sekedar catatan, artikel ini bukan untuk menakuti tetapi hanya sebagai informasi agar selalu mengutamakan keselamatan dengan berdoa kepada Tuhan, dan juga tetap menjaga norma kesopanan selama pendakian. (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.