0

Ini Kapasitas Maksimal Pendaki di Jalur Pendakian Gunung Merbabu

Tugu Puncak Trianggulasi di Gunung Merbabu (dok. TNGMb)

Mounture.com — Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGMb) merilis kapasitas maksimal dari setiap jalur pendakian yang ada di Gunung Merbabu. Di mana pada masing-masing jalur pendakian memiliki daya dukung yang berbeda.

Gunung Merbabu sendiri memiliki lima jalur pendakian resmi, diantaranya Selo, Thekelan, Cuntel, Suwanting, dan Wekas. Dari masing-masing jalur pendakian itu memiliki kapasitas pendaki yang berbeda, yang mana jalur pendakian via Selo menjadi jalur yang memiliki kapasitas pendaki terbanyak dibandingkan jalur lainnya.

Dikutip dari akun instagram resmi TNGMb (@btn_gn_merbabu), disebutkan bahwa untuk jalur pendakian Selo memiliki kapasitas maksimal pendaki sebanyak 578 orang, Thekelan 391 orang, Cuntel 251 orang, Suwanting 328 orang, dan Wekas 294 orang.

“Jumlah maksimal pendaki ini diperoleh dari penghitungan daya dukung jalur pendakian. Daya Dukung merupakan kemampuan objek alam untuk menampung wisatawan pada satu waktu tertentu dengan luasan yang memadai. Daya dukung jalur pendakian menjadi pertimbangan penting dalam upaya mempertahankan kualitas lingkungan, keselamatan dan kenyamanan pengunjung,” terang TNGMb.

Adapun untuk di masa pandemi seperti saat ini, TNGMb memberlakukan kuota pendakian masing-masing jalur pendakian hanya sebanyak 25 persen dari daya dukung yang ada.

“Semoga keadaan semakin membaik, sehingga kuota maksimal dapat diterapkan sesuai dengan daya dukung ya sobat,” tulis akun instagram TNGMb. (MC/PC)