0

Kiat Tidur Nyaman di Tenda saat Pendakian

Ilustrasi (Mounture.com/Rangga)

Mounture.com — Tenda bagi pendaki gunung ibaratnya sebagai rumah, lantaran tenda menjadi sarana untuk beristirahat saat perjalanan pendakian yang cukup memakan waktu lama dan melelahkan.

Kendati demikian terkadang sebagian pendaki agak kesulitan dalam beradaptasi untuk tidur di tenda. Banyak alasan yang membuat pendaki kesulitan mendapatkan kenyamanan untuk tidur di tenda.

Namun, tak usah khawatir, sebab ada beberapa kiat agar tidur menjadi nyaman meski di tenda saat pendakian ke gunung, antara lain:

1. Pastikan posisi mendirikan tenda tepat

Sebelum mendirikan tenda, pastikan kontur tanah dalam kondisi datar. Sebab, kondisi tenda yang miring pastinya akan membuat tidur di dalam tenda menjadi tidak nyaman.

Selain itu, lakukan pembersihan permukaan tanah yang menjadi tempat mendirikan tenda dari bebatuan atau apapun itu yang bisa membuat kenyamanan di tenda berkurang, seperti terganjal batu atau apapun.

BACA JUGA: Tips Mendirikan Tenda saat Hujan Badai

2. Penataan di dalam tenda

Usai mendirikan tenda, langkah selanjutnya adalah menata barang-barang yang akan dibawa masuk ke dalam tenda, seperti matras, carrier, dan lainnya. Perlu dicatat, sebelum memasukkan ke dalam tenda, pastikan juga isi yang ada di dalam carrier sudah dikeluarkan yang sesuai kebutuhan.

Melakukan penataan pada bagian dalam tenda, merupakan langkah utama untuk menjaga kenyamanan saat tidur nanti.

3. Letakkan barang bersifat kotor di luar tenda

Barang-barang bersifat kotor seperti sepatu, alat masak, dan makan yang masih kotor sebaiknya diletakkan di luar tenda. Hal ini untuk kenyamanan di dalam tenda, jadi sebisa mungkin kondisi di dalam tenda bersih.

4. Jadikan carrier sebagai bantal

Jika posisi rombongan pendakian kalian sesuai kapasitas tenda, tidurlah dengan teratur, sejajar dan buat carrier menjadi bantal tidur kalian. Isi carrier kalian dengan beberapa baju dan itu bisa membantu kepala kalian untuk merasa lebih nyaman. (MC/LS)