0

Kiat Jaga Kualitas Tas Carrier agar Tetap Awet

  • 10 October 2022 07:10

Ilustrasi penggunaan tas carrier (dok. Arei Outdoor Gear)

Mounture.com — Sebagai piranti utama dalam pendakian, tas carrier memiliki kegunaan yang sangat penting. Segala barang bawaan, dan logistik pastinya akan disimpan di tas carrier.

Oleh karenanya, menjaga kualitas tas carrier agar tetap awet alias tahan lama dibutuhkan perawatan yang begitu saja. Ada beberapa cara untuk menjaga kualitas tas carrier, diantaranya:

1. Kosongkan tas setelah mendaki

Usai melakukan pendakian dibiasakan untuk selalu mengosongkan tas carrier. Cek semua kantong, pastikan tidak ada serpihan kotoran yang tertinggal didalam tas carrier. Buka semua kantong yang ada lalu balikkan tas carrier Anda agar semua kotorannya hilang dan tidak tertinggal di dalam tas carrier.

2. Cuci tas

Segeralah mencuci tas carrier Anda setelah mengosongkan isi di dalam tas tersebut. Gunakan ember besar berisikan air, untuk melakukan perendaman (jika kotor banget gunakan air hangat).

Jangan gunakan deterjen atau pemutih dan mesin cuci, gunakanlah sabun yang lembut seperti shampoo bayi atau sabun yang tidak mengandung deterjen. Gunakan sikat halus seperti sikat gigi ataupun lap basah untuk membersihkan daerah yang kotor.

BACA JUGA: Kiat Pilih Tas Carrier yang Tepat untuk Pendakian

3. Jemur tas

Setelah melakukan pembersihan, jemur tas carrier Anda. Namun hindari menjemur tas carrier Anda langsung di bawah sinar matahari. Cara yang tepat adalah cukup dengan menggantung atau di angin-anginkan di tempat yang teduh dan memiliki sirkulasi udara yang baik.

4. Gunakan silica gel atau kapur barus

Sebelum melakukan penyimpanan, Anda bisa menggunakan silica gel atau kapur barus yang ditaruh di dalam tas carrier. Tas yang lembap bisa mengundang jamur, pastikan juga tas carrier Anda sudah benar-benar kering sebelum melakukan penyimpanan.

BACA JUGA: Perhatikan Ini Saat Gunakan Tas Carrier

5. Simpan tas

Hal ini perlu dilakukan agar tas carrier Anda tetap awet. Bungkus tas carrier Anda dengan menggunakan plastik. Pastikan plastik menutup seluruh permukaan tas dan jangan biarkan ada bagian yang terbuka, karena akan berakibat debu masuk.

6. Jangan tindih dengan barang yang berat

Hal ini sangat penting diperhatikan saat penyimpanan, karena tas carrier biasanya memiliki frame untuk menjaga bentuknya tetap tegak ketika digunakan. Jika ditindih dengan barang yang berat, maka akan berakibat frame tas carrier Anda bisa rusak. (MC/PC)