Tips Mendirikan Tenda saat Hujan Badai

Ilustrasi penggunaan tenda (Mounture.com/DenChito)

Mounture.com — Cuaca di gunung terbilang tidak menentu, di mana seringkali cuaca itu membuat pendaki harus mempersiapkan fisik dan mental maupun teknik dalam menghadapi cuaca ekstrim di gunung.

Adapun cuaca ekstrim yang terjadi di gunung memang tidak dapat diprediksi. Oleh karenanya pendaki pun harus selalu waspada. Salah satunya adalah saat mendirikan tenda di saat terpaan hujan badai.

Saat hujan badai, mendirikan tenda tidaklah semudah saat cuaca terkendali. Nah, berikut ini tips mendirikan tenda saat hujan badai seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Keluarkan tenda yang akan digunakan dari dalam tas carrier. Namun, kalian harus berhati-hati agar tenda tidak terbawa tiupan angin kencang.

2. Keluarkan tali tenda, lalu ikatkan ujung tenda dengan tas carrier kalian dengan menggunakan tali tersebut. Ini dilakukan untuk memastikan tenda kalian aman alias tidak terbang terbawa angin.

3. Keluarkan pasak tenda, carilah salah satu ujung tenda untuk bisa dipasak, sehingga memperkokoh kondisi tenda dan pendirian tenda dimulai dari titik ini.

4. Cari tempat pada tenda untuk mengkaitkan guyline atau tali pancang. Lalu bagian ujung tali pancang tersebut dikaitkan pada pasak. Aturlah posisi pasak ini sesuai dengan tenda ketika nanti sudah berdiri.

5. Keluarkan frame tenda, lalu rentangkan frame tersebut, lalu mulailah memasukkan frame tersebut ke lubang frame di tenda kalian.

6. Usai tenda bisa berdiri, segera pasang semua tali pancang dengan kuat, pastikan pasak juga menancap dengan sudut dan posisi yang benar.

7. Bila ada salah satu bagian tenda yang diserang angin paling kencang, gunakanlah tali pancang kedua dengan arah pemasangan tali pancang yang berselisih 90 derajat.

8. Bila ada satu pasak yang tertancap kurang kuat akibat jenis tanah yang gembur, maka kalian bisa menggunakan tali pancang yang ditarik melintang di atas permukaan tanah, kemudian dipasak lagi di ujung tali pancang tersebut. (MC/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.