Sejumlah Basecamp Gunung di Wonosobo Tolak Rapid Test

Mounture.com — Sejumlah basecamp gunung di Wonosobo, Jawa Tengah membuat surat terbuka kepada Sekretariat Daerah (Setda) Wonosobo terkait surat edaran yang mewajibkan rapid test kepada wisatawan ke Wonosobo tertanggal 19 Agustus 2020.

Adapun surat terbuka itu dibuat oleh sejumlah akun instagram dari basecamp gunung yang ada di Wonosobo, diantaranya @ranger_prau, @basecamp_prau_dieng, @basecamp.prau_igirmranak, @basecampdwarawati, @gunungprau_viawates, @prau_mountain, @gunungbismo, @sindorosumbingmountain, dan @diengexperience.

“Surat keputusan dinas pariwisata terdahulu tetang pedoman protokol pengelolaan pariwisata belum dicabut. Bahwa gunung di kawasan Wonosobo juga memiliki pintu dari beberapa kabupaten selain Wonosobo, keputusan sepihak satu kabupaten membuat protokol yang simpang siur,” tulis akun instagram @ranger_prau.

Menurutnya, keputusan itu tidak melalui proses sosialisasi matang hanya diterbitkan melalui siaran pers, belum diterbitkan petunjuk pelaksanaan dari Dinas Pariwisata terkait protokol baru.

“Sampai dengan diterbitkannya peraturan baru yang ditandatangani Ketua Gugus Tugas Wonosobo (Bupati), kami menolak rapid test pendaki dan tetap melaksanakan protokol kesehatan sesuai peraturan pertama yang telah dibuat,” tulis akun itu.

Dikatakan pula bahwa pendaki diharapkan tetap mengikuti prosedur pendakian dengan membawa surat keterangan sehat dari daerah asal tidak harus rapid test sampai ada surat resmi dari Ketua Gugus Tugas Wonosobo dan Perum Perhutani.

“Mohon maaf, tidak menggunakan surat karena Setda juga hanya posting di akun Dinas Pariwisata,” tutup pernyataan akun itu dalam caption fotonya. (MC/RIL)

https://www.instagram.com/p/CEHRK7sljhp/