0

Ini Destinasi Populer di TN Gunung Palung

Foto: dok. KSDAE KLHK

Mounture.com — Taman Nasional Gunung Palung (Tanagupa) merupakan salah satu wilayah konservasi yang memiliki beragama panorama alam memukau. Tanagupa sendiri berada di Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat.

Dikutip dari laman KSDAE Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), berikut ini beberapa destinasi populer yang ada di Tanagupa.

1. Lubuk Baji

Lubuk Baji yang berada di Kabupaten Kayong Utara merupakan kawasan perbukitan dengan sungai berbatu yang mengalir dari puncak. Airnya yang jernih dan pepohonan yang masih asri menjadikan daya tarik Lubuk Baji sebagai obyek wisata pegunungan.

Jalur pendakian sederhana menuju air terjun Lubuk Baji sudah tersedia. Selama perjalanan wisatawan akan menikmati pemandangan alam seperti air terjun, tumbuh-tumbuhan yang menarik serta hutan yang sangat asri.

Adapun Kabupaten Kayong Utara dapat dicapai dari Jakarta dengan menggunakan pesawat dengan jalur Jakarta – Pontianak – Ketapang. Perjalanan dari Kabupaten Ketapang dapat dilanjutkan dengan menggunakan kendaraan darat roda dua atau roda empat menuju Kabupaten Kayong Utara.

Alternatif lain menuju Kabupaten Kayong Utara dengan menggunakan speedboat langsung dari Pontianak menuju Kota Sukadana.

BACA JUGA: Mengenal Kawasan TN Bukit Tigapuluh

Setelah mencapai Kota Sukadana sebagai Ibukota Kabupaten Kayong Utara perjalanan menuju Lubuk Baji dapat ditempuh dengan dua alternatif jalur yaitu jalur pendek (Desa Sedahan – Dusun Segua – Air Terjun Lubuk Baji), dan jalur panjang (Desa Pangkalan Buton, Simpang empat Sukadana – Dusun Air Pauh – Air Terjun Lubuk Baji).

Untuk mencapai desa pemberangkatan terakhir dari Kota Sukadana dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda 2 atau 4 dengan waktu tempuh + 30 menit. Setelah itu, untuk menuju Air Terjun Lubuk Baji dilakukan dengan berjalan kaki + 2 jam untuk jalur pendek dan + 4 jam untuk jalur panjang.

2. Riam Bersolek

Kondisi geografis daerah ini berupa perbukitan sampai dengan pegunungan dengan badan sungai yang berbatu. Berawal dari Kota Sukadana perjalanan menuju KM 12 Desa Riam Berasap dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua atau empat.

Perjalanan dapat dilanjutkan menggunakan sepeda motor dengan akses masuk di KM 20 eks Jalan Marsela (bekas HPH) sampai ke Sungai Beringin.

Untuk sampai ke lokasi Air Terjun Riam Berasap perjalanan dilanjutkan dengan perjalanan kaki mencapai empat jam. Sepanjang perjalanan ini banyak dijumpai riam-riam, salah satunya Riam Bekinjil yang tidak kalah pentingnya dengan Riam Berasap. Riam Bekinjil ini terletak sebelum Riam Berasap.

BACA JUGA: Mengenal TN Batang Gadis di Sumatera Utara

Riam lain di sepanjang aliran Sungai Siduk adalah Riam Ambar dan Riam Kurung Pelanduk. Pemandangan di sekitar riam ini cukup menarik, dengan suara aliran sungai yang terdengar dari kejauhan.

Bebatuan alami di aliran sungai mempercantik pemandangan di sekitar Riam Kurung Pelanduk. Jalan mulai mendaki setelah melewati Riam Ambar. Kanan kiri jalan merupakan hutan alami yang didominasi jenis-jenis Dipterocarpaceae.

Di perjalanan ini jika beruntung, bisa berjumpa dengan orangutan (Pongo pygmaeus wurmbii), Kelasi (Presbytis rubicunda), Kelempiau (Hylobates albibarbis) dan Kijang (Muntiancus muntjak).

3. Batu Barat

Wilayah desa ini dipisahkan dengan Taman Nasional oleh sungai besar yang mengalir dari Matan hingga Teluk Melano. Akses menuju Desa Batu Barat dapat ditempuh melalui kota kecil Teluk Melano di Kecamatan Simpang Hilir sekitar 20 kilometer dari Kota Sukadana, Ibukota Kabupaten Kayong Utara. Kota ini merupakan kota perdagangan dan bongkar muat kapal barang dari dan ke pedalaman Kabupaten Kayong Utara.

Speedboat dari Pontianak, Ibukota provinsi juga bisa mencapai kota ini dengan waktu tempuh empat jam dan berangkat dua kali dalam sehari.

Dari Kota Teluk Melano dapat langsung menuju Desa Batu Barat dengan menggunakan jalur darat atau jalur air. Jalur darat dapat ditempuh dalam waktu 30 menit dengan menggunakan sepeda motor (ojek). Jalur sungai dapat ditempuh dalam waktu 30 menit dengan menggunakan speedboat dari Dermaga Speed Teluk Melano menuju Desa Batu Barat.

4. Gunung Peramas

Gunung Peramas terletak di Kecamatan Sukadana Kabupaten Kayong Utara. Sebelah Barat berbatasan langsung dengan Pantai Pulau Datuk dengan batas alam berupa Sungai. Jalur menuju Gunung Peramas dari Ibukota KabupatenKayong Utara (Kota Sukadana) dapat ditempuh dengan jalur darat menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Waktu tempuh kurang lebih 10 menit dari Pusat Kota Sukadana (Tugu Durian). Kondisi jalan sampai Pantai Pulau Datuk sudah beraspal. Sedangkan dari Pantai Pulau Datuk ke Bukit Peramas berupa jalan pantai berbatu yang alami dan belum diperkeras. (MC/RIL)