0

Bukit Mongkrang Bisa Jadi Pilihan Wisata di Akhir Pekan

Pemandangan dari Bukit Mongkrang (Foto: Google Image/ Rika Apriliana)

Mounture.com — Tak melulu Gunung Lawu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah juga memiliki wisata alam menarik lainnya yang saat ini tengah digandrungi yakni Bukit Mongkrang.

Bukit ini bisa menjadi pilihan bagi pendaki pemula sebelum melakukan pendakian ke Gunung Lawu. Bukit Mongkrang berada di ketinggian 2.194 meter di atas permukaan laut (mdpl), di mana pengunjung bisa menggapai puncaknya hanya dengan waktu sekitar satu jam perjalanan saja.

Bukit Mongkrang berlokasi di Tlogo Dringo, Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar. Rute perjalanan paling mudah ditempuh dari arah Karanganyar maupun Matesih. Selanjutnya pengunjung bisa menempuh perjalanan hingga ke pos pendakian Gunung Lawu di Cemara Kandang.

Biaya yang harus dikeluarkan untuk bisa menikmati Bukit Mongkrang yaitu tiket masuk sebesar Rp10 ribu per orang, jika ingin berkemah, maka dikenakan biaya tiket sebesar Rp15 ribu per orang.

Baca juga: Sakura Hills Tawangmangu Tempat Liburan Seru di Kaki Gunung Lawu

Adapun jalur pendakian yang akan dilintasi didominasi padang ilalang, serta jalan setapak dengan latar pegunungan di sekitarnya. Dari puncaknya, pengunjung bisa melihat dengan jelas Gunung Lawu yang berdiri kokoh.

Bagi yang ingin mendaki ke Bukit Mongkrang, hanya ada dua waktu terbaik yaitu pagi atau sore hari. Jika mendaki pada pagi hari, maka waktu yang tepat ialah pukul 4-5 pagi untuk bisa mendapatkan momen sunrise. Jika memilih waktu sore hari, maka disarankan melakukan pendakian pada pukul 4-5 sore untuk bisa mendapatkan momen sunset.

Perlu diingat, untuk selalu membawa kembali turun sampah kalian demi menjaga kebersihan dan kelestarian dari Bukit Mongkrang. Bagi kalian perokok, disarankan membawa asbak portable agar tidak membuang puntung rokok sembarangan yang bisa membuat kebakaran. (MC/PC)