Ini Manfaat Kondom untuk Mendaki Gunung

dok. Instagram/@iryanti917

Mounture.com — Melakukan aktivitas pendakian ke gunung pastinya membutuhkan peralatan dan perlengkapan yang memadai. Mulai dari sepatu, tas, hingga peralatan masak, makan, dan minum. Namun, ada beberapa perlengkapan yang mungkin di luar dugaan ternyata bisa membawa manfaat kala melakukan kegiatan di alam bebas itu.

Salah satunya adalah kondom. Ya, kondom sebagai alat kontrasepsi rupanya bisa dimanfaatkan juga untuk kegiatan di alam bebas, seperti pendakian ke gunung, di luar kegiatan seksual pastinya. Nah, berikut ini beberapa manfaat kondom untuk kegiatan pendakian ke gunung.

1. Melindungi luka

Luka yang terdapat di kaki, atau tangan bisa dilindungi dengan menggunakan kondom. Namun, sebelumnya kalian harus terlebih dahulu menutup luka itu dengan menggunakan kain kasa atau plester, setelah itu baru dilindungi kondom. Kegunaannya adalah untuk melindungi luka dari air dan menjaganya agar tetap kering.

2. Penampungan air

Kondom yang bersifat anti bocor, bisa digunakan sebagai alternatif menampung air untuk keperluan minum atau masak. Sebelum digunakan, ada baiknya kalian membersihkan pelumas yang ada di kondom itu agar lebih bersih, setelah itu kalian bisa menggunakannya untuk menampung air, baik itu air hujan atau air yang ada di mata air maupun sungai ketika tidak ada alat tampung lainnya.

3. Pelindung peralatan elektronik

Saat melakukan pendakian, masukkanlah peralatan-peralatan elektronik, seperti ponsel, power bank dan lainnya ke dalam kondom lalu ikat dengan kuat, gunannya adalah agar lebih aman dari terkena air saat beraktivitas di alam bebas.

4. Buat api unggun

Kendati membuat api unggun telah dilarang dilakukan saat melakukan pendakian ke gunung, namun ketika dalam situasi darurat, kalian masih diperbolehkan. Adapun kondom bisa difungsikan sebagai alat untuk membuat api unggun.

Caranya, cukup dengan mengisi kondom dengan air, lalu bentangkan kondom hingga berbentuk cembung layaknya kaca pembesar, arahkan sinar matahari pada serabut rerumputan yang sebelumnya sudah dikumpulkan, dalam beberapa menit api sudah bisa tercipta.

5. Karet pengikat

Ketika di alam bebas, pastinya kalian akan kesulitan untuk mencari tali untuk mengikat. Nah, di sinilah kegunaan kondom yang mana bisa menggantikan fungsi dari tali atau karet. Caranya, gunting kondom menjadi beberapa bagian sesuai kebutuhan dan ukuran yang dibutuhkan. Lalu, ikatkan hasil guntingan kondom yang telah diperkecil ke benda yang ingin diikat.

Sekedar catatan, kegunaan kondom untuk kegiatan di luar ruang (outdoor) ini hanya untuk keperluan yang mendesak atau darurat, dan jangan menggunakan kondom sebagaimana fungsi utamanya saat melakukan pendakian ke gunung, yaitu untuk aktivitas seksual. Bijaklah menjadi pendaki. (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.