Ini Kegunaan Lakban untuk Bertualang

(Mounture.com) — Melakukan petualangan di alam bebas memang bukan perkara mudah. Pasalnya, untuk melakukan kegiatan di luar ruang (outdoor) ini membutuhkan tidak hanya fisik dan mental yang kuat namun juga peralatan dan perlengkapan yang mumpuni.

Peralatan yang dibawa pun harus lengkap hingga ke perlengkapan pertahanan hidup (survival). Adapun salah satu perlengkapan survival yang harus dibawa ketika melakukan petualangan adalah lakban.

Ilustrasi Lakban (dok. Tokopedia)

Perlengkapan serbaguna yang memiliki harga terjangkau ini memiliki fungsi yang luar biasa banyak. Berikut ini beberapa fungsi lakban untuk petualang yang perlu kalian ketahui.

1. Menambal,

Kalian bisa menambal apapun dengan menggunakan lakban, seperti tenda bolong, pakaian robek, sepatu jebol dan lainnya.

2. Menali,

Untuk menggunakan lakban sebagai tali, kalian bisa memotong lakban tipis memanjang, lalu pelintir lakban maka akan menjadi tali darurat yang terbilang kuat.

3. Mengikat,

Lakban bisa dijadikan sebagai alat untuk mengikat dua permukaan menjadi satu, baik sebagai tali ataupun langsung direkatkan.

4. Menempel,

Ini adalah fungsi utama lakban, yang bisa diaplikasikan kemanapun itu.

5. Melapisi,

Bahan dari permukaan lakban terbilang tahan terhadap air, oleh karena itu lakban cocok untuk melapisi sesuatu agar menjadi kedap air.

6. Penghantar api,

Lakban juga bisa dijadikan sebagai penghantar api, jadi ketika situasi darurat kalian bisa membuat perapian dengan menggunakan lakban.

Selain dari kegunaan di atas, lakban juga masih menyimpan fungsi-fungsi lainnya. (MC/RL)

Foto: dok. Instagram/@iryanti917

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.