Tips Memilih Pisau Survival

(Mounture.com) — Dalam dunia outdoor (luar ruang) dan survival, pisau menjadi piranti yang sangat vital untuk kegiatan di alam bebas itu. Pasalnya, pisau bisa digunakan sebagai alat untuk bertahan hidup dan juga keperluan lainnya saat bertualang.

Untuk itu, sebelum memilih untuk membeli pisau survival, maka kalian harus mempertimbangkan beberapa hal agar pisau yang kalian beli tidak mengecewakan dan akhirnya tidak digunakan.

Adapun langkah pertama dalam memilih pisau survival adalah memilih yang tepat di mana harus berpatokan dengan fungsi dari pisau itu. Sebab, pisau survival mempunyai berbagai macam bentuk dan variasi. Mulai dari untuk kegiatan bushcraft, ada juga yang dikhususkan untuk militer seperti pisau survival taktis dan kombat.

Semua pisau survival ini didesain supaya bisa digunakan pada beragam situasi dan kondisi. Sementara untuk harga dari pisau survival juga beragam, mulai dari yang paling murah dikisaran puluhan ribu rupiah sampai jutaan rupiah. Namun, kalian bisa memilih pisau survival yang bersifat multifungsi.

Berikut ini beberapa tips memilih pisau survival, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Pilih yang bukan pisau lipat,
2. Panjang keseluruhan pisau sekitar 25 centimeter, jangan terlalu pendek, dan jangan pula terlalu panjang,
3. Full Tang, seluruh bagian, dari bilah sampai gagangnya terbuat dari satu besi utuh,
4. Bilah tidak bergerigi,
5. Ujung pisau tajam dan runcing tetapi tidak terlalu melengkung, seperti tipe drop point, spear point, atau straight back,
6. Terbuat dari baja karbon / carbon steel. (MC/RIL)

Foto: dok. Instagram/@azzamismyname

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.