0

Ingat! Jangan Lakukan Hal Ini di Gunung

  • 30 Desember 2019 07:08

(Mounture.com) — Menjelang akhir tahun, biasanya gunung-gunung, terutama gunung favorit akan menjadi lebih ramai pengunjung yang akan menghabiskan malam pergantian tahun di ketinggian.

Selain memiliki suasana yang berbeda, menghabiskan malam pergantian tahun di gunung juga memiliki momen tersendiri. Kendati demikian, ada beberapa aturan yang tetap harus dipatuhi oleh para pendaki gunung jika ingin menghabiskan malam pergantian tahun di gunung.

Nah, berikut ini hal-hal yang tidak diperbolehkan baik saat malam pergantian tahun ataupun waktu-waktu biasanya di gunung yang harus kalian patuhi.

1. Menyalakan kembang api,

Hal ini sudah pasti dilarang, pasalnya akan mengganggu ekosistem di gunung, di mana biasanya di gunung itu yang dicari adalah kesunyian bukan kehingar bingaran seperti di kota. Jika kalian ingin menyalakan kembang api, lebih baik kalian jangan ke gunung.

2. Menggunakan speaker portable,

Penggunaan speaker portable belakangan ini menjadi marak, dengan dalih mengusir kepenatan namun menggunakan atau menyala speaker portable sama saja kalian merusak ekosistem gunung alias mengganggu lingkungan. Jadi mulai sekarang jangan membawa speaker portable ke gunung ya, taruh saja di rumah dan digunakan ketika di rumah.

3. Tidak membawa sampah turun kembali,

Hal ini sudah pasti sering diingatkan oleh para penggiat alam bebas ataupun pihak pengelola pendakian, di mana sampah yang kalian hasilkan ketika melakukan camp harus kembali dibawa turun kembali, karena gunung bukan tempat sampah.

4. Mabuk,

Meminum-minuman beralkohol hingga mabuk sudah pasti akan mengganggu orang lain dan juga bisa merugikan diri sendiri atau orang lain. Jadi jika ingin mendaki gunung, pastikan kalian tidak membawa minuman beralkohol yang bisa membuat mabuk, meski berdalih untuk menghangatkan badan.

5. Berbuat asusila,

Bepergian dengan pasangan memang tidak dilarang, tetapi jangan sampai kalian berbuat asusila. Selain dilarang oleh agama, perbuatan asusila itu juga akan membawa malapetaka sendiri ketika di gunung. Jadi jangan sampai kalian melakukan perbuatan asusila di gunung ya. (MC/RL)

Foto: Mounture.com/Rangga