0

Liburan Lewat Pantura, Ini Oleh-oleh Khasnya

Olos Tegal (Foto: Kemenparekraf/indonesia.travel)

Mounture.com — Melakukan liburan keluar kota kurang lengkap jika tidak membawa buah tangan atau oleh-oleh. Adapun oleh-oleh pun beraneka macam yang bisa dibawa pulang, dan setiap daerah memiliki perbedaan dan keunikannya masing-masing.

Salah satu wilayah yang memiliki beragam pilihan oleh-oleh yaitu daerah Pantai Utara (Pantura) Jawa. Di jalur Pantura ini, kalian bisa menemui banyak toko yang menjajakan oleh-oleh khas.

Dikutip dari laman Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), berikut ini beberapa oleh-oleh khas Pantura.

1. Sirup Tjampolay Cirebon

Sirup ini merupakan legenda di wilayah Cirebon, di mana sirup ini dibuat dari sawo belanda (campolay). Ada banyak sekali varian rasa yang bisa kalian pilih mulai dari rasa mangga gedong hingga rasa sirsak, tetapi favorit rasa dari sirup ini ialah rasa pisang susu.

2. Olos Tegal

Terbuat dari tepung kanji dan terigu, olos merupakan gorengan yang berbentuk bulat dengan isian berupa sayur kol dan irisan cabe. Olos akan sangat mudah ditemukan di pusat cindera mata atau rumah makan bila kalian melintasi daerah Tegal.

3. Kue Lumpang Pekalongan

Meskipun kue ini aslinya berasal dari Palembang, tetapi kue lumpang juga banyak ditemukan di daerah Pekalongan. Kue lumpang memiliki ciri khas berwarna hijau, bertekstur kenyal, dan memiliki lubang di tengahnya. Bentuknya persis seperti lumpang atau alat untuk menumbuk. Biasanya, kue lumpang juga disajikan dengan taburan kelapa parut di atasnya.

BACA JUGA: Purwaceng, Oleh-oleh Khas Wonosobo yang Dikenal Bikin ‘Strong’

4. Bandeng Presto Semarang

Hidangan khas kota Semaran ini berupa ikan bandeng yang dibumbui dengan bawang putih, kunyit, dan garam. Ikan bandeng tersebut kemudian dikunci dengan rapat di dalam panci bertekanan tinggi hingga uap panas memasak ikannya hingga daging dan juga tulangnya menjadi lunak. Metode inilah yang disebut dengan presto.

5. Prol Tape Probolinggo

Kue khas yang terbuat dari bahan baku tape singkong manis ini biasanya juga dilengkapi dengan keju cheddar atau taburan kismis untuk menambah cita rasa.

6. Marning Lamongan

Marning atau empeng adalah kudapan yang dibuat dari jagung yang dikeringkan lalu digoreng hingga renyah. Rasanya yang gurih, teksturnya yang renyah, serta kemudahan menyantapnya bisa menjadi cemilan saat waktu luang. (MC/RIL)