0

Purwaceng, Oleh-oleh Khas Wonosobo yang Dikenal Bikin ‘Strong’

Hasil olahan tanaman purwaceng (dok. Mongabay)

Mounture.com — Tak melulu soal wisata alam yang melimpah, Wonosobo yang terletak di Provinsi Jawa Tengah pun memiliki keanekaragaman buah tangan atau oleh-oleh yang bisa dibeli. Salah satunya, Purwaceng yang dianggap sebagai ‘Viagra of Java’.

Purwaceng yang merupakan tanaman khas Wonosobo ini diklaim bisa menambah vitalitas dan daya seksual untuk kaum pria. Hal ini yang membuat Purwaceng menjadi dikenal dan seringkali diburu untuk dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung ke kota yang memiliki banyak wisata alam itu.

Purwaceng sendiri diklaim mampu merangsang daya seksual, khususnya untuk pria. Adapun purwaceng merupakan tanaman terna yang hampir menutupi tanah, tidak berbatang, hanya pokok akar, daun, dan tunas.

Tanaman ini memiliki sifat diuretika dan kerap digunakan sebagai afrodisiak yang dapat meningkatkan atau menambah stamina. Akar purwaceng biasanya diolah menjadi bentuk bubuk atau serbuk dan dijadikan campuran minuman seperti kopi atau bahkan susu.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini beberapa manfaat dari tanaman purwaceng, yang merupakan oleh-oleh khas Wonosobo.

1. Mengatasi disfungsi seksual
2. Menjaga vitalitas tubuh
3. Menjaga kesehatan kewanitaan dan rahim
4. Mengatasi infeksi jamur
5. Menjaga fungsi saluran kemih
6. Meredakan nyeri dan demam
7. Menjaga kesehatan otot
8. Menjaga kesehatan reproduksi pria. (MC/PC)