0

Rekomendasi Bumi Perkemahan untuk Liburan Akhir Pekan

Ilustrasi suasana dingin (Mounture.com/DenChito)

Mounture.com — Menikmati alam tak melulu harus melakukan pendakian ke gunung, tetapi bisa dilakukan dengan melakukan kemah di kaki gunung. Adapun melakukan kemah di kaki gunung tersebut bisa dilakoni dengan mendatangi bumi perkemahan.

Melakukan camping di bumi perkemahan memang tidak sesulit ketika melakukan pendakian ke gunung, biasanya di bumi perkemahan tersedia berbagai macam fasilitas yang bisa mempermudah pengunjung.

Nah, berikut ini beberapa rekomendasi bumi perkemahan (buper) yang bisa dikunjungi untuk liburan akhir pekan.

1. Bumi Perkemahan Mandalawangi

Bumi perkemahan ini berada di bawah kaki Gunung Gede Pangrango, di mana bisa di akses melalui kawasan wisata Cibodas. Gerbang masuk area perkemahan terletak tepat di samping Kantor Balai Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

2. Kopeng Treetop Adventure Park

Berlokasi di Jalan Raya Kopeng, Batur, Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Di lokasi ini terdapat fasilitas menginap semalam dengan menggunakan tenda tapi dengan layanan hotel bintang lima.

3. Bumi Perkemahan Leles

Buper ini berada di desa Padaherang, Sindangwangi, Majalengka, Jawa Barat. Di lokasi ini, pengunjung bisa melakukan kemah untuk satu atau dua malam. Di mana pengunjung bisa mendirikan tenda diantara lebatnya hutan pinus. Saat malam tiba, pengunjung bisa melihat gemerlap bintang dan terang bulan.

BACA JUGA: Berkemah Bareng Keluarga? Siapkan Ini

4. Bumi Perkemahan Sukamantri

Berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), tepatnya di Desa Sukamantri Kecamatan Taman Sari, Kabupaten Bogor. Di lokasi ini, banyak hal yang dapat dilakukan ketika berkemah di bumi perkemahan Sukamantri, yaitu jelajah hutan, memasak ala rimba (ngaliwet), hingga bermain ke curug Suryakencana.

5. Bumi Perkemahan Cidewata

Buper yang masuk kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) ini terletak di desa Payung, Rajagaluh, Majalengka, Jawa Barat. Lokasinya diapit oleh dua hulu sungai, yaitu sungai Cidewata dan sungai Ciwaringin. (MC/LS)