0

Estimasi Mendaki Gunung Merbabu via Suwanting

  • 16 September 2019 07:12

(Mounture.com) — Gunung Merbabu yang terletak diantara Kabupaten Magelang, Salatiga dan Boyolali, Jawa Tengah ini memiliki ketinggian 3.142 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung ini memiliki 5 jalur pendakian resmi diantaranya Selo (Boyolali), Thekelan (Kopeng, Salatiga), Suwanting (Magelang), Wekas (Magelang) dan Cuntel (Magelang).

Adapun jalur pendakian melalui Suwanting, merupakan salah satu jalur yang terbilang ekstrim jika dibandingkan dengan jalur lainnya. Jalur pendakian Gunung Merbabu via Suwanting ini baru dibuka kembali pada 2015 lalu, setelah sebelumnya sempat ditutup. Jalur ini sudah ada sejak tahun 1990-1998.

Lokasi dari jalur ini berada di Dusun Suwanting, Desa Banyuroto, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Untuk bisa mendaki melalui jalur ini, pendaki bisa menentukan tujuan ke Magelang.

Apabila dari arah Jakarta atau Jawa Timur bila melalui Yogyakarta, bisa menuju ke Kabupaten Muntilan, lalu menuju ke Ketep. Sementara jika dari arah Semarang, Salatiga dan sekitarnya, kalian bisa mengikuti rute ke Kopeng-Ketep Pass dan akan menemui Gapura bertuliskan ‘Pendakian Merbabu via Suwanting’.

Jika ingin mudah, kalian bisa menggunakan moda transportasi bus dengan jurusan ke Solo, lalu dilanjutkan dengan bus arah Boyolali, lalu bus jurusan Selo menuju Ketep Pass, kemudian turun di Suwanting.

Berikut ini estimasi waktu mendaki Gunung Merbabu via Suwanting seperti dirangkum dari akun instagram Dewi Angga (@dewiaps17).

– Basecamp – Pos 1 ditempuh dengan lama perjalanan kurang lebih 20 menit,

Jika ingin mempersingkat waktu, kalian bisa juga menggunakan ojek sampai Pos 1, dengan biaya sebesar Rp10 ribu. Adapun rutenya melewati perkebunan warga, lalu jalanan berkontur semen.

– Pos 1 – Pos 2 ditempuh selama 2,5 jam,

Dengan rute masih landai sampai keluar hutan cemara, setelah itu rute menanjak. Di sepanjang perjalanan kalian bisa bertemu dengan monyet ataupun lutung bahkan burung elang. Terdapat Pos air diantara kedua Pos ini. “Sayang sekali, kemarin tongnya kosong karena pipanya terputus di atas. Dan malah jadi tempat sampah pendaki,” kata Dewi Angga, baru-baru ini.

– Pos 2 – Pos 3 memiliki waktu tempuh selama 2 jam,

Setelah Pos 2, kalian tidak akan menemui trek landai karena sudah berada di punggungan bukit. Tapi pemandangan sabana di atas bukit akan mengobati kelelahan yang ada. 15 menit sebelum Pos 3, kalian akan ketemu Pos air, dan lagi-lagi tong air yang ada juga kosong dan dijadikan tempat sampah.

– Pos 3 – Puncak Suwanting ditempuh selama 1,5 jam,

Sebelum mencapai puncak Kenteng Songo, kalian akan bertemu dengan sabana indah, yaitu Puncak Suwanting. Selama perjalanan menuju puncak dapat kalian lihat juga Gunung Andong, Telomoyo, Sumbing, Sindoro dan jalur Wekas juga Cunthel.

– Puncak Suwanting – Puncak Kenteng Songo atau Triangulasi ditempuh 10 menit.

“Dibandingkan dengan jalur Selo, jalur Suwanting jauh lebih berat, hampir sama dengan jalur Wekas. Tidak banyak orang lewat jalur ini hanya saja sampah di tiap pos cukup mengganggu,” ungkap Dewi. (MC/PC)

Sumber dan Foto: Instagram/@dewiaps17