0

Catat! Ini Gunung yang Tutup di September 2019

(Mounture.com) — Belakangan ini, sebagian gunung di wilayah Pulau Jawa mengalami kebakaran hutan dan lahan. Hal ini pula yang membuat sejumlah pihak pengelola gunung mengambil tindakan untuk menutup sementara jalur pendakian. Namun, ada juga penutupan jalur pendakian itu dilakukan karena adanya peringatan hari besar.

Nah, bagi kalian yang akan merencanakan melakukan pendakian ke gunung pada September 2019 ini, berikut ini jalur pendakian yang akan atau telah ditutup pada September 2019 ini, antara lain:

1. Gunung Ciremai

Seluruh jalur pendakian Gunung Ciremai ditutup sejak 7 Agustus 2019 sampai dengan waktu yang belum ditentukan sehubungan dengan adanya kebakaran hutan dan masih terpantau titik api di gunung yang memiliki ketinggian 3.078 meter di atas permukaan laut (mdpl). Kendati dilaporkan telah padam, namun pihak pengelola belum membuka jalur pendakian tersebut.

2. Gunung Merbabu

Gunung yang terletak di Jawa Tengah ini, pada 12 September 2019 mengalami kebakaran hutan, dan pada Senin, 16 September 2019 baru bisa dipadamkan. Kebakaran tersebut pun menghangus sekitar 436 hektare hutan yang berada di wilayah Kabupaten Magelang dan Boyolali, Jawa Tengah.

Hal ini pula yang membuat pihak Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGMb) melakukan penutupan semua jalur pendakian mulai tanggal 12 September 2019 hingga batas waktu yang belum ditentukan.

3. Gunung Sindoro via Bansari

Berdasarkan informasi dari surat edaran yang dikeluarkan oleh pihak pengelola, Gunung Sindoro via Bansari ditutup dari 9 – 30 September 2019. Adapun alasan penutupan jalur pendakian tersebut adalah karena musim kemarau yang berkepanjangan dan juga untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan.

4. Gunung Sindoro via Kledung

Hampir sama dengan jalur pendakian Bansari, pengelola Gunung Sindoro via Kledung pun akan melakukan penutupan jalur pendakian yang dimulai pada 22 September 2019 sampai dengan waktu yang belum ditentukan. Alasan penutupan pun sama, yaitu dikarenakan kemarau yang berkepanjangan serta untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan.

5. Gunung Semeru

Gunung Semeru yang terletak di Jawa Timur ini akan melakukan penutupan jalur pendakian pada 26 – 29 September 2019 sehubungan dengan peringatan Hari Raya Karo.

6. Gunung Slamet

Gunung tertinggi di Jawa Tengah ini telah melakukan penutupan jalur pendakian sejak 9 Agustus 2019 hingga batas waktu yang belum ditentukan. Adapun penutupan semua jalur pendakian tersebut dilakukan karena peningkatan status dari gunung dengan ketinggian 3.428 mdpl itu menjadi level II dan juga adanya indikasi titik api di wilayah tersebut. (MC/RL)

Foto: Instagram/@hadisap.id