Ini Syarat Mendaki Gunung Merbabu via Thekelan

  • 5 October 2021 07:06

Tugu Puncak Trianggulasi di Gunung Merbabu (dok. TNGMb)

Mounture.com — Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGMb) mulai membuka kegiatan pendakian Gunung Merbabu mulai 5 Oktober 2021, namun baru membuka satu jalur pendakian yakni via Thekelan. Sementara jalur lainnya masih ditutup.

Pada pembukaan jalur pendakian Gunung Merbabu via Thekelan, TNGMb menerapkan beberapa persyaratan untuk bisa mendaki gunung dengan ketinggian 3.145 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu. Berikut ini beberapa syarat untuk bisa mendaki Gunung Merbabu seperti dikutip dari laman booking online Gunung Merbabu (bookingmendakimerbabu.com).

1. Bersedia membawa barang yang wajib dibawa (akan dicek di pintu masuk) berupa:

– Jaket
– Sleeping Bag (menginap)
– Nesting (menginap)
– Kompor (menginap)
– Matras (menginap)
– Tenda (menginap)
– Jas Hujan
– Sepatu tracking/Sepatu gunung
– Tumbler/Jerigen

2. Sudah melakukan dua kali vaksinasi dengan menunjukkan aplikasi Peduli Lindungi

3. Wajib membawa masker minimal tiga per orang, dan hand sanitizer

4. Untuk calon pendaki dibawah usia 15 tahun, wajib melampirkan surat pernyataan dari orang tua dengan tanda tangan di atas materai Rp10.000.

Selain itu, TNGMb juga menerapkan sistem kuota, di mana jumlah pengunjung akan dibatasi sebanyak 25 persen dari kuota normal. Tak hanya itu, waktu pendakian pun dibatasi hanya dua hari satu malam (2D1N).

Bagi kalian yang berminat untuk melakukan pendakian ke Gunung Merbabu via Thekelan, maka kalian bisa melakukan booking online melalui laman bookingmendakimerbabu.com. (MC/PC)