0

Simak! Ini Kiat Rawat Jaket Gunung

  • 23 Januari 2022 07:05

Ilustrasi penggunaan jaket gunung (Mounture.com)

Mounture.com — Berkegiatan di alam bebas, khususnya mendaki gunung memerlukan perlengkapan yang memadai. Salah satu perlengkapan yaitu jaket gunung yang memiliki fungsi untuk mengurangi hawa dingin pada tubuh saat berada di ketinggian.

Pentingnya kegunaan jaket ini mengharuskan pendaki wajib untuk tetap menjaga kualitas dari jaket gunung tersebut. Adapun untuk menjaga kualitas dari jaket gunung, maka diperlukan perawatan berupa mencuci jaket ketika digunakan hingga menyimpannya di tempat yang sesuai.

Jaket gunung sendiri memiliki berbagai macam fitur, di mana jika tidak dirawat dengan baik menyebabkan fiturnya mudah mengalami kerusakan. Salah satu fitur yang ada pada jaket gunung adalah fitur waterproof yang mana jika perawatannya salah akan menyebabkan fitur tersebut menjadi hilang dan tidak berfungsi secara maksimal.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa kiat merawat jaket gunung.

1. Baca label pada jaket

Mungkin banyak yang belum tahu, jika di label jaket gunung biasanya terdapat informasi jenis bahan, anjuran dan larangan dalam perawatannya. Ada yang boleh dicuci menggunakan deterjen dan ada yang tidak boleh.

Label pada jaket ini menjelaskan tentang bagaimana cara pencucian dan perawatan. Jaket gunung ini dibuat dengan berbagai macam bahan yang berbeda sehingga perawatannya berbeda.

2. Cek isi jaket terlebih dahulu

Sebelum melakukan pencucian jaket, ada baiknya melakukan pengecekan terhadap isi serta noda-noda yang terdapat pada jaket. Gunanya agar tidak ada barang-barang yang tertinggal di dalam kantong yang berpotensi bisa merusak jaket, seperti permen atau lainnya.

3. Kendurkan bagian tali

Mengendurkan bagian tali pada jaket berguna supaya kotoran maupun lumpur yang melekat pada jaket maupun lipatannya tersebut bisa menghilang secara tuntas. Selain itu mengendurkan bagian tali ini bisa membuat jaket Anda tetap awet dan juga tahan lama.

Umumnya tali ini ada di atas jaket dan juga berada di bagian pinggang. Semua tali harus dikendorkan semua barulah Anda bisa mencuci jaket tersebut. Cuci dengan lembut agar komponennya tidak rusak dan membuat fungsi jaket Anda menjadi menurun.

Baca juga: Ini Cara Cuci Jaket Waterproof secara Manual

4. Gunakan air hangat

Sebetulnya dengan air bersih saja sudah cukup untuk membersihkan noda-noda yang menempel di jaket gunung. Kotoran yang biasanya menempel pada jaket gunung adalah debu, tanah, dedaunan atau tumpahan air kopi.

Namun untuk bahan jenis Gore-tex, kalian bisa menggunakan air hangat untuk mencucinya. Anda cukup merendam jaket tersebut sebentar kemudian bersihkan menggunakan spons atau sabun bayi. Kucek secara perlahan dan bilas dengan menggunakan air sampai bersih. Khusus pembilasan Anda harus menggunakan air yang mengalir.

5. Hindari penggunaan deterjen maupun pelembut

Ada beberapa bahan yang tidak bisa dicuci dengan menggunakan deterjen dan juga pelembut pakaian. Alasannya adalah zat additive pada jaket tersebut akan merusak struktur waterproof yang ada pada jaket tersebut.

Deterjen dan pelembut pakaian ini bisa merusak fungsi kedap air yang kemudian perlahan menjadi hilang. Sebagai gantinya beberapa bahan bisa diganti dengan sampo atau sabun khusus bayi untuk melakukan pencucian. Anda bisa menyikat bagian-bagian yang kotor menggunakan sikat gigi dan Anda tidak memerlukan perendaman.

6. Jangan direndam

Sebaiknya jaket gunung tidak direndam terlalu lama. Cukup bilas saja dengan air bersih tanpa dilakukan perendaman. Untuk kotoran membandel pada permukaan jaket gunakan sikat gigi yang memiliki bulu lembut halus, gosok dengan perlahan.

Perhatikan dan berhati-hatilah pada bagian jahitan, karena pada bagian tersebut ada lapisan seamtape yang membuat jahitan tersebut tidak menjadi jalan masuknya air dan jalur angin.

Baca juga: Kiat Memilih Jaket Gunung yang Tepat

7. Hindari memeras jaket gunung

Usai jaket selesai dicuci, selanjutnya adalah mengurangi kadar air pada jaket tersebut. Caranya adalah dengan menekan-nekan dari atas ke bawah agar air cepat keluar. Hindari memeras jaket gunung dengan cara dipelintir seperti memeras pakaian biasa karena bisa membuat lapisan jaket gunung terpelintir dan bisa terbuka sehingga merusak fungsi waterproof.

8. Diangin-Anginkan

Jaket gunung ini tidak bisa dijemur langsung di bawah sinar matahari karena bisa merusak warna dan juga fitur-fiturnya. Terutama bagi bahan Gore-tex di mana hanya bisa dikeringkan dengan cara diangin-anginkan.

Pada jaket dengan bahan Gore-tex ini, kalian bisa mengeringkan dengan menggunakan hairdryer supaya lebih cepat. Pengering rambut juga membuat lapisan mikroskopiknya bisa menyatu dengan sempurna.

9. Teknik penyimpanan

Simpanlah jaket dalam posisi tetap pada gantungan baju, usahakan jangan melipat jaket ketika menyimpannya. Hindari menyimpan di lemari yang sudah sesak karena akan membuat jaket terlihat kusut. Kalian bisa menyimpannya di lemari yang memiliki ruang penyimpanan dalam lemari dengan ruang yang masih luas atau masih memadai.

10. Lainnya

Hindari menyetrika jaket gunung karena bisa merusak lapisan jaket gunung tersebut. Selain itu, hindari juga menyemprotkan parfum secara langsung, apabila perlu semprotkan saja di baju. Kandungan alkohol bisa merusak beberapa lapisan gunung.

Selanjutnya, jangan menyimpan benda tajam dalam kantong jaket gunung. Lalu, kurangi gesekan pada jaket gunung ketika membawa carrier dengan cara menjaga tingkat kekencangan carrier yang mencengkram tubuh.

Kemudian, jangan gunakan jaket gunung saat matahari terik. Selain akan merasa gerah, juga lapisan pada jaket berpotensi rusak apabila terlalu lama dibiarkan dibawah sinar matahari langsung. (MC/PC)