Kiat Memilih Jaket Gunung yang Tepat

Ilustrasi (dok. Cozmeed)

Mounture.com — Saat akan melakukan pendakian ke gunung, kalian diharuskan mempersiapkan segala macam peralatan penunjang. Salah satu yang harus dipersiapkan adalah jaket gunung yang memiliki kegunaan untuk melindungi tubuh dari terpapar hawa dingin maupun angin yang berhembus di pegunungan.

Dalam memilih jaket gunung terbilang gampang-gampang susah. Sebab, jaket ini memiliki fungsi vital sehingga pemilihannya tidak boleh sembarangan. Sesuai dengan namanya jaket ini digunakan untuk kegiatan di luar ruang seperti mendaki gunung, sebenarnya juga bisa digunakan untuk kegiatan luar ruang lainnya seperti memancing atau berkendara malam hari.

Adapun angin di pegunungan ini jauh lebih dingin dibandingkan di daratan selain itu angin tersebut melembabkan karena mengandung uap air sehingga diperlukan perlindungan ekstra agar tubuh bisa bertahan saat berada di pegunungan.

Salah dalam memilih jaket ini hanya akan membuat tubuh tidak terlindungi secara sempurna, bahkan berisiko mengalami hipotermia. Dikutip dari laman Cozmeed, berikut ini tips memilih jaket gunung.

1. Kompartemen

Umumnya jaket gunung terbagi dalam dua jenis yaitu jaket gunung yang resistant atau tahan air dan jaket gunung yang waterproof dimana sepenuhnya ini anti air. Jaket tahan air ini hanya mengandalkan permukaan luarnya saja yang dilapisi dengan anti air. Untuk jaket gunung yang mana sifatnya waterproof atau sepenuhnya anti air memiliki beberapa lapisan yang bisa melindunginya dari air.

Diantara kompartemen atau lapisan pada jaket gunung yang harus dipilih diantaranya memiliki lapisan tahan air, memiliki membran anti air, dan mempunyai segel pelindung jahitan.

2. Tahan angin

Cara memilih jaket gunung terbaik yang bisa dilakukan selanjutnya adalah pilih yang dilengkapi dengan windproof. Angin pegunungan ini sambil membawa uap air sehingga sangat penting bagi Anda untuk memilih jaket yang sudah dilengkapi dengan windproof. Jaket tersebut bisa menahan angin dari luar yang ingin masuk ke dalam jaket Anda.

3. Ukuran

Memilih ukuran jaket gunung ini sebaiknya jangan terlalu pas atau terlalu besar. Anda bisa memilih jaket dengan ukuran yang sedikit lebih besar dengan ukuran normal yang sering Anda gunakan. Jaket dengan ukuran terlalu pas ini bisa membuat Anda gerah lebih cepat dibanding dengan jaket yang ukurannya lebih besar.

Untuk jaket yang terlalu longgar atau besar membuat Anda masih merasakan kedinginan karena celah yang terlalu besar antara tubuh Anda dengan inti jaket tersebut.

4. Resleting

Memilih jaket gunung ini harus memilih yang resletingnya berkualitas tinggi. Selain itu pastikan jika resleting pada jaket Anda tersebut kuat dan bermerek. Dengan menggunakan resleting yang seperti ini jaket Anda tersebut akan lebih awet dan tidak mudah rusak. Selain itu pilih jaket dengan resleting pada bagian ketiak sebagai ventilasi udara supaya tidak gerah.

5. Velcro atau perekat

Perhatikan juga velcro atau perekat pada jaket guung, di mana perekat terbaik adalah yang tersusun rapi. Selain itu semakin rapat bagian velcronya akan semakin bagus. Pilih pula jaket yang dilengkapi dengan velcro yang kuat dan juga berkualitas.

6. Pengencang pinggang

Selanjutnya, pilih jaket gunung yang ada pengencang pinggangnya. Pinggang setiap orang memiliki ukuran yang berbeda-beda sehingga pilih yang pengencang pinggangnya bisa diatur sedemikian rupa. Pengencang pinggang ini digunakan untuk bisa memudahkan Anda bergerak saat menggunakan jaket gunung tersebut.

7. Saku

Cara selanjutnya adalah memilih saku yang sedikit. Alasan mengapa harus memilih saku yang sedikit ini karena semakin banyak jahitan maka akan semakin besar peluang untuk kebocoran. Anda bisa memilih jaket gunung dengan dua atau tiga jahitan di mana dua saku di samping perut yang bisa Anda gunakan untuk menghangatkan tangan dan memasukkan tangan Anda ke saku tersebut.

Selain itu Anda bisa memilih jaket yang dilengkapi dengan saku rahasia di dalam jaket. Selain keberadaan saku tersebut tersembunyi, saku tersebut juga digunakan untuk menyimpan barang secara aman saat hujan.

8. Hoody

Pilihlah jaket gunung yang dilengkapi dengan hoody. Pilih jaket dengan hoodie yang fleksibel di mana bisa dibongkar dan dipasang. Hoody ini sangat berguna ketika hujan atau panas. Saat cuaca berangin hoody ini juga bisa melindungi telinga Anda dari tiupan angin gunung. Ketika hoody ini dilipat bisa menekan leher sehingga leher Anda akan terasa lebih hangat.

9. Warna

Banyak yang menyukai warna gelap karena tidak mudah kotor. Namun warna gelap ini akan menyerap panas berlebih sehingga tidak cocok untuk Anda gunakan ketika siang hari. Jaket dengan warna gelap ini tidak aman untuk Anda karena tubuh Anda akan tidak terlihat saat dilakukan evakuasi

Saat tersesat atau mendapatkan hal yang tidak diinginkan, jaket dengan warna terang dan mencolok memudahkan proses evakuasi.

10. Perawatan

Tips terakhir adalah pilih jaket yang mudah perawatannya. Dengan perawatan yang mudah jaket Anda akan terjaga dengan baik dan lebih awet sehingga fungsinya tidak akan berubah meski digunakan dalam jangka waktu yang lama. (MC/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.