Latihan Fisik Sebelum Mendaki Gunung

(Mounture.com) — Aktivitas di alam bebas, seperti mendaki gunung merupakan salah satu kegiatan yang banyak menguras tenaga. Oleh karenanya, sebelum melakukan kegiatan pendakian, disarankan untuk mempersiapkan diri terlebih dahulu.

Sebab, mendaki gunung merupakan aktivitas yang tidak mudah apalagi buat kalian yang baru pertama kali akan melakukan kegiatan di luar ruang (outdoor) itu. Adapun persiapan yang harus dilakukan pertama kali adalah persiapan fisik untuk meningkatkan stamina, daya tahan tubuh dan juga memperkuat kekuatan fisik dan mental dalam melakukan pendakian.

Sederhananya, persiapan fisik tersebut dapat dilakukan dengan melakukan olahraga lari yang rutin dilakukan setiap hari minimal selama satu jam. Selain itu, lakukanlah naik turun tangga selama 10 menit setiap hari agar otot-otot kaki semakin kuat. Jika ingin menguatkan otot pangkal paha, kalian bisa melatihnya dengan melakukan squat jumps selama 30 detik.

Tak hanya kaki, tangan pun dirasa penting untuk melakukan aktivitas mendaki gunung. Lakukanlah push up selama minimal 10 kali setiap hari untuk memperkuat otot tangan. Dan untuk memperkuat punggung kala membawa carrier, lakukan back up setiap hari secara rutin. Selamat mencoba. (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.