Mau Cek Oli Motor di Rumah? Ini Caranya

(Mounture.com) — Setiap kendaraan bermotor membutuhkan oli untuk melumasi komponen yang ada di dalam mesin agar terhindar dari gesekan antara komponen. Oli memang punya peranan yang penting untuk kendaraan, termasuk pada sepeda motor.

Untuk itu oli perlu diperiksa agar jumlahnya sesuai dengan kebutuhan di sepeda motormu, bentuknya yang cair ini membuat oli lebih mudah menguap dan berkurang volumenya sehingga sangat berbahaya kalau oli di sepeda motormu sampai kering. Melansir laman Evalube, berikut ini cara memeriksa oli motor dengan mudah dan bisa dilakukan di rumah.

Pertama adalah posisikan sepeda motor dengan benar di tempat yang rata dan jangan lupa untuk menggunakan standar tengah. Pastikan juga mesin sudah dalam keadaan dingin agar semua oli masuk ke dalam bak.

Kedua, cek oli menggunakan dipstick, yaitu dengan membuka penutup dan bersihkan dipstick dari sisa oli yang menempel, masukkan kembali ke dalam bak oli dan keluarkan perlahan. Pastikan oli sepeda motor dalam jumlah yang cukup atau berada di atas tanda low, kalau oli sepeda motor sudah berada di bawah tanda low, itu berarti pemilik kendaraan harus segera menambahkan oli ke dalam bak oli.

Selain memeriksa ketinggian oli di dalam bak oli sepeda motor, pemilik kendaraan juga harus memeriksa warna serta tekstur dari oli. Kalau oli sudah berubah wana menjadi kehitaman, itu berarti sudah saatnya untuk mengganti oli mesin dengan yang baru. Begitu juga saat merasakan tekstur oli seperti memiliki bulir, ada baiknya segera mengganti oli karena oli sudah penuh dengan kotoran. (MC/EV)

Foto: dok. Evalube

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.