Persiapkan 4 Hal Ini Sebelum Naik Gunung

(Mounture.com) — Mendaki gunung merupakan salah satu aktivitas yang banyak menguras tenaga, serta menguji ketahanan mental. Oleh karenanya, sebelum benar-benar ingin melakukan aktivitas mendaki gunung ini, calon pendaki diwajibkan mempersiapkan segalanya.

Adapun persiapan tersebut dibutuhkan agar pendakian bisa berjalan dengan lancar, tanpa hambatan, dan pulang dengan selamat. Pasalnya, mendaki gunung memiliki risiko yang sangat tinggi, terlebih tanpa persiapan yang matang.

Nah, berikut ini 4 hal yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan pendakian ke gunung, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Latihan fisik,

Gunanya untuk melatih fisik kalian agar tidak mudah lelah saat melakukan pendakian. Sebab, ketika mendaki gunung, kalian akan melalui jalur pendakian yang cukup panjang dan juga melelahkan. Oleh karenanya persiapan dengan latihan fisik dibutuhkan agar fisik lebih kuat dan tidak mudah lelah.

2. Kebutuhan alat pendakian,

Tidak melulu soal fisik dan mental, pendakian ke gunung juga memerlukan peralatan pendakian yang memadai. Jangan karena menganggap sepele soal persiapan peralatan pendakian, malah kalian akan mendapatkan musibah ketika naik gunung.

3. Perbekalan dan obat-obatan,

Usai mempersiapkan peralatan naik gunung, kalian juga perlu melakukan list untuk perbekalan yang bakal dibawa saat mendaki gunung. Hitung secara matang, berapa banyak perbekalan yang harus kalian bawa dengan estimasi pendakian yang akan dilakukan. Jangan lupa juga untuk membawa obat-obatan, dan P3K untuk keperluan mendesak saat di gunung nanti.

4. Pelajari jalur pendakian,

Sebelum benar-benar ingin melakukan pendakian ke gunung, hal utama lainnya yang perlu dipersiapkan adalah mempelajari jalur pendakian dari gunung yang akan kalian daki. Gunanya adalah agar kalian mengetahui situasi dan kondisi jalur tersebut dan meminimalisir bahaya saat di jalur pendakian. (MC/PC)

Foto: Mounture.com/Fian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.