Ini Trik Hemat Baterai Ponsel saat Naik Gunung

(Mounture.com) — Melakukan aktivitas mendaki gunung sudah pasti tidak lepas dari yang namanya telepon selular (ponsel). Meski sinyal di wilayah pegunungan terbilang sulit, namun ponsel bisa digunakan untuk keperluan lain, seperti foto atau membuat video.

Nah, demi menjaga kenyamanan saat mendaki gunung dengan menggunakan ponsel khususnya baterai yang kadang cepat habis atau lowbat, berikut ini beberapa trik untuk Anda bisa menghemat baterai ponsel pintar saat naik gunung.

1. Bawa Power Bank (penyimpan daya),

Jangan lupa menyertakan charger ponsel portable atau power bank kedalam list perlengkan yang harus dibawa. Setidaknya bawa power bank yang memiliki daya penyimpan atau mAh dengan kapasitas besar atau jika kalian memiliki budget lebih, kalian bisa membeli power bank yang bisa di charger dengan daya sinar matahari.

2. Matikan fitur sinyal 4G ketika akan mulai mendaki,

Hal ini penting dilakukan agar ponsel Anda mengirit daya, pasalnya sinyal 4G memberikan koneksi yang lebih cepat tetapi mengonsumsi baterai yang lebih banyak. Dan kebanyakan di daerah pelosok, khususnya titik awal pendakian, sinyal 4G belum terakses, hal ini akan berakibat ponsel Anda akan berusaha untuk mencari sinyal yang dapat berakibat baterai terkuras.

Ada baiknya kalian bisa menggunakan sinyal 3G, EDGE atau bahkan GPRS saja.

3. Jangan gunakan ponsel untuk bermain game,

Dengan menggunakan ponsel Anda untuk bermain game, artinya ponsel Anda akan bekerja dengan berat menggunakan mesin dan layarnya, hal ini berakibat baterai ponsel akan lebih cepat terkuras. Ada baiknya ketika merasa bosan, Anda cukup dengan mendengarkan musik (menggunakan headset) karena lebih hemat daya, karena memutar musik di ponsel merupakan kegiatan yang tidak terlalu menguras daya baterai.

4. Turunkan kecerahan cahaya layar ponsel,

Tingkat kecerahan layar yang tinggi sangat berpotensi dalam hal menguras baterai, jadi lebih baik turunkan tingkat kecerahan lampu layar seminimal mungkin. Kendati akan sedikit sulit melihat layar akan tetapi baterai ponsel Anda akan jauh lebih hemat.

5. Aktifkan fitur penghemat baterai,

Beberapa ponsel pintar telah dibekali dengan fitur penghemat baterai yang dikenal dengan nama fitur Power Saver. Jika fitur ini diaktifkan, maka ponsel Anda bisa secara otomatis akan mematikan beberapa fitur ketika baterai sudah mulai lowbat yang bertujuan agar sisa kapasitas baterai yang ada akan bertahan lebih lama.

6. Matikan ponsel Anda ketika tidak dibutuhkan,

Sebelum melakukan pendakian, sebaiknya kalian mematikan ponsel kalian atau menggunakan mode pesawat agar konsumsi baterai kalian lebih hemat. Dan jika diperlukan, semisal ketika beristirahat bisa kalian sesekali menyalakan kembali untuk mengecek notifikasi penting, tapi jangan lupa kembali mematikan ponsel kalian ya. (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.