0

Kiat Buat Rundown Pendakian

  • 3 September 2022 07:01

Ilustrasi pendaki (Mounture.com/Fian)

Mounture.com — Melakukan pendakian ke gunung mengharuskan kita untuk mempersiapkan segala hal dengan matang. Salah satu persiapan yang dibutuhkan saat akan melakukan pendakian ke gunung ialah membuat jadwal kegiatan atau rundown pendakian.

Pembuatan rundown pendakian diperlukan untuk pendaki bisa melakukan pengontrolan waktu saat mendaki gunung agar berjalan baik dan sesuai rencana awal yang telah ditetapkan bersama tim pendakian.

Oleh karenanya, penting bagi pendaki untuk mempersiapkan secara detail rundown tersebut supaya kegiatan pendakian bisa berjalan dengan aman, nyaman dan lancar. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini kiat untuk membuat rundown pendakian.

1. Mengetahui estimasi waktu pendakian

Sebelum mengatur rundown, kalian harus paham mengenai estimasi waktu pendakian ke gunung yang akan kalian daki. Hal ini diperlukan agar kalian bisa leluasa mengatur waktu, seperti waktu memulai trekking, tiba di Pos 1 jam berapa hingga sampai area camp berapa lama.

BACA JUGA: Cara Lindungi Tenda dari Kerusakan saat Dibawa Pendakian

2. Pemilihan lokasi camp

Sebelum melakukan pendakian, kalian harus sepakat bersama dengan tim pendakian untuk pemilihan lokasi camp. Gunanya agar tim pendakian tidak terpisah atau berbeda lokasi camp-nya, di mana di beberapa gunung, ada yang memiliki banyak lokasi camp.

3. Penentuan waktu ke puncak (summits)

Usai menentukan lokasi camp, kalian bisa menentukan waktu untuk summits atau menuju ke puncak. Sebab, dengan penentuan waktu tersebut, kalian bisa mengatur waktu-waktu lainnya yang bisa kalian lakukan.

4. Penentuan waktu turun gunung

Dalam sebuah pendakian, melakukan turun gunung biasanya juga ditentukan batas waktunya untuk sampai ke basecamp. Oleh karenanya, menentukan waktu turun juga sangat penting dilakukan.

Untuk memudahkan menghitung perkiraan waktu turun, kalian bisa menggunakan estimasi waktu pendakian yang kalian ketahui atau baca dari referensi pendaki lainnya. Namun biasanya waktu tempuh saat turun gunung akan berbeda dengan saat naik. (MC/RIL)