0

Cara Lindungi Tenda dari Kerusakan saat Dibawa Pendakian

  • 6 Juli 2022 07:05

Ilustrasi penggunaan tenda saat pendakian (Mounture.com/Wahyu)

Mounture.com — Melakukan pendakian ke gunung, tenda merupakan salah satu piranti yang memiliki fungsi penting. Gunanya adalah untuk pelindung serta tempat beristirahat pendaki di saat perjalanan mendaki ke gunung.

Saking pentingnya, maka pendaki perlu untuk menjaga tenda agar tetap aman dan bisa digunakan saat berada di lokasi camp. Berikut ini beberapa cara menjaga tenda agar tetap aman saat dibawa mendaki gunung.

Saat packing:

Beberapa pendaki kerap kali membawa tenda bersama dengan tempatnya atau tas tenda, namun cara ini terbilang kurang praktis. Untuk itu, sebaiknya bagian dalam tenda dilipat dan dimasukkan terpisah ke dalam tas. Untuk frame bisa dimasukkan ke bagian samping dari tas carrier.

Sebelum melakukan perjalanan ke gunung, pastikan kalian tidak lupa untuk membawa lap kering atau kain microfiber (kanebo). Gunanya adalah untuk membersihkan tenda baik itu bagian dalam atau luar saat baru akan mendirikannya, atau ketika akan membongkarnya.

BACA JUGA: Mau Beli Tenda? Pertimbangkan Hal Ini

Saat pendakian:

Ketika akan mulai melakukan camp, pastikan tempat yang dipilih memiliki lahan yang datar. Carilah tempat yang datar, dan jika lahan itu berbatu, tidak ada salahnya untuk membersihkannya terlebih dulu.

Selain itu, jangan lupa juga, jika mendaki dalam kondisi hujan, untuk selalu membuat saluran jalannya air di samping tenda. Gunanya agar air tidak mengendap atau kumpul di bagian bawah tenda.

Selanjutnya, jangan lakukan beberapa hal yang bisa berpotensi merusak tenda, seperti memasak di dalam tenda, hingga merokok di dalam tenda. Kegiatan-kegiatan tersebut sebaiknya tidak dilakukan dengan alasan apapun, pasalnya bisa memicu bahaya dikarenakan lapisan tenda yang mudah terbakar.

Saat bongkar:

Saat akan membongkar tenda, pastikan juga kalian berada di lahan yang datar, tidak basah, dan usahakan dilakukan dengan dua orang. Biasakan selalu membersihkan dalam tenda sebelum benar-benar membongkarnya.

Adapun cara untuk membersihkan dalam tenda ialah dengan mengangkat tenda ke arah tertentu, terpenting semua kotoran akan mengarah ke arah pintu tenda. Jika ada bekas kotoran cair, segera lap dengan kanebo atau lap kering. Dan jangan lupa juga, membersihkan pasak serta frame, terutama jika sehabis terkena hujan. (MC/LS)