0

Sekilas Tentang TN Wakatobi

Keindahan bawah laut di TN Wakatobi (Foto: dok. Kemenparekraf/indonesia.travel)

Mounture.com — Taman Nasional (TN) Wakatobi yang berada di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi, di mana kawasan ini memiliki keindahan bawah laut yang tiada duanya.

Wakatobi sendiri diambil dari nama empat pulau utama yaitu WAngi-wangi, KAledupa, TOmia, dan BInongko, yang mana hampir seluruh wilayah perairan Wakatobi bisa dijadikan tempat untuk menyelam ataupun snorkeling. Namun, lokasi yang terpopuler ialah Onemohute di Wangi-wangi dan Roma (Roma’s Reef) di Tomia.

Salah satu tempat terbaik untuk melihat lumba-lumba adalah di Pelabuhan Mola Raya yang dapat dicapai dalam waktu 20 menit dengan perahu sewaan dari Kota Wanci, Wangi-wangi.

BACA JUGA: Pesona Eksotis Taman Nasional Gunung Palung

Sementara di perairan laut Wakatobi terdapat jumlah spesies terumbu karang mencapai 750 spesies dari 850 spesies terumbu karang dunia. Konfigurasi ke dalamannya bervariasi mulai dari datar sampai melandai ke laut dan di beberapa daerah perairan terdapat yang bertebing curam. Bagian terdalam perairannya mencapai 1.044 meter.

Untuk bisa menuju ke Wakatobi, wisatawan bisa menggunakan moda transportasi laut atau udara. Adapun menggunakan kapal laut merupakan yang termurah, namun membutuhkan waktu yang lama. Berbeda dengan menggunakan pesawat yang lebih cepat sampai ke tujuan yaitu Kota Wangi-wangi.

Sebagai daerah objek wisata internasional, fasilitas yang dimiliki pun tergolong lengkap. Mulai dari fasilitas jalan yang memadai, taksi yang jumlahnya cukup, tempat makan yang tergolong bersih, dan penginapan dengan harga terjangkau. (MC/RIL)