0

Pesona Eksotis Taman Nasional Gunung Palung

  • 9 April 2018 18:30

Air Terjun Riam (dok. KSDAE/Endro Setiawan)

(Mounture.com) — Indonesia merupakan salah satu negara dengan pesona alam yang berlimpah. Salah satunya adalah Gunung Palung yang memiliki pesona eksotis di dalamnya. Taman Nasional Gunung Palung (TNGP) secara administrasi pemerintahan, terletak di dua wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat.

Dari informasi yang dihimpun laman ksdae.menlhk.go.id, dijelaskan bahwa TNGP berbatasan langsung dengan enam kecamatan, yaitu Kecamatan Matan Hilir Utara di sebelah selatan, Kecamatan Sukadana di sebelah barat, Kecamatan Simpang Hilir di sebelah utara, Kecamatan Sungai Laur di sebelah timur, dan Kecamatan Sandai dan Nanga Tayap di sebelah tenggara.

Berdasarkan Keputusan keputusan Menteri Kehutanan Nomor 448/Menhut-VI/1990 dengan luas ± 90.000 Ha. Kemudian pada tahun 2014 berdasarkan SK.4191/Menhut-VII/KUH/2014 Tanggal 10 Juni 2014 Tentang penetapan kawasan hutan Taman Nasional Gunung Palung seluas 108.043,90 hektare di Kabupaten Kayong Utara dan Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat, sehingga luasnya bertambah.

pemandangan Gunung Palung dari Pulau Juante (dok. KSDAE/Endro Setiawan)

Dilansir dari wikipedia, dikatakan bahwa TNGP mempunyai ekosistem yang dikatakan sebagai yang terlengkap di antara taman-taman nasional di Indonesia. Di kawasannya terdapat Gunung Palung yang mempunyai ketinggian 1.116 meter. Selain itu, TNGP juga adalah habitat bagi sekira 2.200 ekor orangutan. Bekantan adalah mamalia dengan jumlah terbesar di TNGP.

Bahkan, masyarakat di sekitar Taman Nasional Gunung Palung sejak tahun 2003 telah ikut membantu mengamankan dan melindungi orangutan dan habitatnya. Mereka menamakan diri OPMU, singkatan dari Orangutan Protection & Monitoring Units.

Kegiatan yang mereka lakukan ini telah mendapat perhatian dari berbagai kalangan. Hingga saat ini mereka dibantu oleh Fauna & Flora International, sebuah lembaga konservasi yang berbasis di Inggris, dalam operasionalnya di lapangan. (MC/DC)