0

Rekomendasi Destinasi Wisata di Pulau Lombok

Bukit Merese di Pulau Lombok (Foto: Mounture.com/DenChito)

Mounture.com — Pulau Lombok merupakan salah satu kawasan yang memiliki daya tarik wisata cukup tinggi, di mana pulau ini menawarkan banyak destinasi wisata alam yang menarik.

Tak hanya kemegahan Gunung Rinjani, tetapi keindahan pantai di Lombok yang memesona mata, serta hijaunya perbukitan dan kentalnya budaya di desa wisata juga menarik untuk dijelajahi.

Nah, berikut ini beberapa rekomendasi destinasi wisata di Pulau Lombok yang bisa dikunjungi selain Gunung Rinjani.

1. Bukit Merese

Lokasi ini menawarkan panorama area perbukitan hijau yang berbatasan langsung dengan birunya pantai. Adapun waktu terbaik mengunjungi Bukit Merese ialah ketika sunset dan sunrise.

2. Pantai Kuta Mandalika

Di pantai ini, wisatawan akan disuguhkan pemandangan berupa hamparan pasir putih, dikelilingi deretan daerah perbukitan hijau yang memanjakan mata saat berkunjung ke Pantai Kuta Mandalika.

3. Pantai Seger

Di pantai Seger, wisatawan bakal disuguhkan pemandangan yang ciamik, serta bisa mencoba beragam atraksi wisata air, seperti berenang, snorkeling, maupun berselancar. Menariknya lagi, pantai ini menjadi lokasi perayaan tradisi khas Suku Sasak, yakni Bau Nyale.

BACA JUGA: Mengenal Gunung Barujari di Kaldera Rinjani

4. Bukit Anak Dara

Bukit ini sering disebut sebagai Mini Rinjani, di mana bukit ini memiliki kemiripan dengan jalur pendakian Gunung Rinjani namun memiliki jalur yang lebih pendek. Di puncaknya, pengunjung bakal disajikan keindahan alam Sembalun, hingga pemandangan beberapa Gili dan di pagi hari akan menikmati indahnya matahari terbit.

5. Pantai Gerupuk

Pantai ini menjadi salah satu lokasi andalan untuk berselancar di Indonesia. Selain ombaknya yang menantang, embusan angin di Pantai Gerupuk juga kencang. Selain berselancar, wisatawan juga dapat melakukan berbagai aktivitas lainnya, seperti panen rumput laut, hingga melihat area konservasi di Pantai Gerupuk.

6. Desa Adat Sade

Selain wisata alam, wisatawan juga dapat melihat langsung budaya lokal di Desa Adat Sade. Keunggulan dari desa wisata ini adalah keberadaan rumah-rumah adat yang masih sangat autentik serta tradisi menenun yang terus dilestarikan.

7. Desa Wisata Ende

Tidak hanya menyuguhkan jajaran rumah-rumah adat yang unik, Desa Wisata Ende masih menyimpan beragam perayaan adat yang menarik. Seperti tari Presean dan ritual meminta hujan.

8. Desa Mertak

Desa Wisata Mertak ini menawarkan beragam atraksi wisata bahari sekaligus ekowisata yang menarik untuk dieksplorasi.

9. Savana Propok

Berada di ketinggian 1.934 meter di atas permukaan laut (mdpl), destinasi ini menawarkan pesona alam yang menarik untuk dikunjungi terutama bagi kalian yang ingin melakukan camp. (MC/LS)