Mengenal Rawa Tertinggi di Pulau Sumatera

Rawa Bento (foto: Eky Epsa – instagram: @eky_epsa)

Mounture.com — Mungkin bagi kalian, Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) sudah tidak asing didengar. Ya, TNKS identik dengan Gunung Kerinci, dan Danau Gunung Tujuh yang terletak di Jambi. Namun, selain dua destinasi itu, TNKS memiliki banyak destinasi wisata alam yang cukup memukau dan layak dikunjungi.

Salah satunya ialah Rawa Bento yang berada di Desa Jernih Jaya, Kecamatan Gunung Tujuh, Kabupaten Kerinci, Jambi. Uniknya, Rawa Bento ini disebut merupakan rawa tertinggi di Pulau Sumatera, sebab berada pada ketinggian 1.333 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Melansir akun instagram @ayoketamannasional_official, dijelaskan Rawa Bento yang memiliki luasan kurang lebih 1.000 hektare ini memiliki ekosistem rawa yang terdiri atas rumput rawa gambut, hutan rawa kerdil, serta danau rawa kecil.

Di Rawa Bento ini, pengunjung bisa melakukan banyak aktivitas seru. Tersedia pula perahu kano penduduk setempat yang bisa disewa untuk mengelilingi rawa. Selain itu, di rawa ini juga bisa untuk berkemah, dan melakukan pengamatan burung (bird watching). Jika cuaca sedang cerah, pengunjung bisa melihat secara jelas gagahnya Gunung Kerinci dari Rawa Bento. (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.