0

Kiat Backpacker Aman dan Nyaman

  • 2 September 2022 07:03

Ilustrasi backpackeran (Mounture.com/Ayyfitria)

Mounture.com — Merencanakan liburan tak melulu harus memiliki banyak uang. Sebab, melakukan liburan bisa saja dilakukan dengan keuangan yang seadanya.

Adapun cara melakukan liburan dengan keuangan yang terbatas bisa dilakukan dengan teknik backpacker. Menggunakan teknik ini, kalian bakal bisa liburan secara praktis dan relatif hemat biaya. Selain meringankan kantong, backpacker-an juga bisa membuat kalian lebih leluasa berjelajah.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini kiat melakukan backpacker-an yang bisa dilakukan dengan nyaman dan aman serta dengan biaya yang minimalis.

1. Tentukan budget

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menetapkan budget atau biaya pengeluaran. Dengan penentuan budget ini, kalian akan dapat mengontrol keuangan kalian selama berlibur.

2. Buat itinerary

Ketika akan mulai berlibur, ada baiknya kalian menyiapkan atau menyusun itinerary (rencana perjalanan) sebelum berangkat. Sebelum menyusun itinerary tersebut kalian harus mencari tahu lokasi tempat-tempat wisata, harga tiket masuk, dan jam operasional.

Adapun penyusunan itinerary ini dilakukan agar liburan berjalan dengan lancar dan menyenangkan. Bahkan itinerary ini juga bakal mencegah kalian melakukan pemborosan keuangan yang telah dialokasikan sebelumnya karena tidak tersusunnya rencana perjalanan dengan baik.

BACA JUGA: Ini Hal yang Harus Dihindari saat Backpackeran

3. Mencari tiket akomodasi jauh-jauh hari

Salah satu hal yang tak kalah penting bagi backpacker adalah menyiapkan tiket akomodasi. Agar penggunaan bujet semakin terjangkau, kalian perlu berburu tiket jauh-jauh hari. Sebab, akan ada banyak promo yang bisa kalian dapatkan jika mencari dalam waktu yang panjang.

4. Cari penginapan harga terjangkau

Kalian tidak perlu khawatir dalam mencari penginapan dengan harga terjangkau, karena di setiap daerah biasanya banyak menyediakan pilihan penginapan dengan harga ‘kantong backpacker’.

Mulai dari hostel, losmen hingga menyewa rumah penduduk lokal bisa menjadi pertimbangan. Kalian juga bisa mengurangi budget penginapan jika memiliki saudara atau teman yang bisa dijadikan tempat bermalam. (MC/LS)