0

Ini Tahapan Merawat Sepatu Gunung agar Tetap Awet

Ilustrasi sepatu gunung (Mounture.com/Rani)

Mounture.com — Melakukan pendakian ke gunung pastinya memerlukan banyak peralatan yang memadai agar kegiatan di alam bebas tersebut bisa berjalan dengan lancar, aman, dan nyaman.

Adapun salah satu peralatan yang dibutuhkan untuk pendakian yakni sepatu gunung. Sepatu gunung berfungsi untuk meminimalisir risiko mengalami kecelakaan seperti terkilir, tergores, bahkan terpeleset ketika mendaki, di mana bahan hingga modelnya memiliki kontur yang disesuaikan dengan kondisi di pegunungan.

BACA JUGA: Kiat Pilih Varian Sepatu untuk Traveling

Sebagai salah satu alat yang terpenting, sepatu gunung juga membutuhkan perawatan agar lebih awet. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini tahapan merawat sepatu gunung agar tetap awet saat akan digunakan dari pencucian hingga penyimpanan.

Pencucian:

1. Siapkan wadah yang berisi air hangat

2. Siapkan sabun pembersih, seperti sabun bayi atau sabun cair untuk mencuci piring. Jangan menggunakan deterjen, sabun colek atau sabun batangan karena bisa membuat warna sepatu menjadi luntur dan menghilangkan lapisan waterproof yang ada di sepatu gunung kalian.

Pembersihan:

1. Lepas tali sepatu lalu rendam di dalam larutan air dan sabun. Proses perendaman bisa dilakukan sekitar 10 menit lalu sikat tali sepatu tersebut.

2. Bersihan bagian bawah sepatu dari tanah yang menempel, bisa menggunakan sikat jenis apapun atau disemprot.

3. Rendam sikat yang akan digunakan untuk menyikat sepatu ke dalam wadah berisi air hangat. Gunakanlah sikat dengan bulu halus. Jangan merendam sepatu, karena bisa menyebabkan sepatu berkerut dan merusak sol sepatu.

BACA JUGA: Cara Darurat Benerin Sepatu Jebol saat Pendakian

Pengeringan:

1. Gunakan kain atau sponse yang mampu menyerap air, untuk mengeringkan bagian dalam sepatu. Jemur atau angin-anginkan sepatu di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung agar tidak merusak material dari sepatu tersebut.

Penyimpanan:

1. Masukkan ganjalan kertas atau kain di bagian dalam sepatu untuk menjaga bentuk sepatu.

2. Masukkan kedalam kardus dan simpan di tempat yang tidak lembab dan jauh dari sinar matahari langsung.

3. Kendati jarang digunakan, ada baiknya sepatu selalu di cek dan rutin dibersihkan. (MC/LS)