Ini Tips saat Akan Ke Puncak Gunung

Perjalanan menuju puncak gunung (Mounture.com/DenChito)

Mounture.com — Menuju ke puncak atau summits saat mendaki gunung merupakan sebuah tantangan yang cukup berat. Sebab, jalur menuju puncak memiliki kontur medan yang berbeda dengan jalur biasanya. Oleh karenanya dibutuhkan persiapan yang betul-betul matang sebelum ke puncak.

Untuk menuju ke puncak gunung, diperlukan pemilihan waktu yang beragam, tergantung rencana dari pendaki dan juga karakteristik gunung yang didaki. Berikut ini beberapa tips bagi kalian yang mau ke puncak gunung seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Siapkan fisik,

Trek puncak tentunya sangatlah menguras tenaga, pastinya kalian harus mematangkan mental, fisik dan keyakinan sebelum berangkat menuju puncak. Aklimatisasi suhu area di sekitar juga sangat penting sebelum memulai summits, agar tubuh tidak kaget dengan suhu ekstrim di puncak gunung.

2. Siapkan peralatan,

Peralatan yang memadai menjadi penunjang kala akan melakukan perjalanan ke puncak gunung. Jangan lupa untuk membawa jaket gunung, daypack, trekking pole, headlamp, buff, raincoat dan perlengkapan keperluan untuk summit lainnya.

Perlu diketahui, untuk menuju ke puncak gunung, tidak harus membawa semua perlengkapan pendakian, karena pasti akan memperberat perjalanan, cukup bawa peralatan yang mendukung aktivitas summit saja. Selain itu, peralatan yang digunakan pun harus disesuaikan dengan karakteristik gunung yang didaki.

3. Biasakan makan sebelum ke puncak gunung,

Salah satu penyebab hipotermia adalah perut kosong dan terkena udara dingin gunung. Jadi bagi kalian yang ingin menggapai puncak, wajib mengisi perut alias makan terlebih dulu sebelum melakukan perjalanan ke puncak gunung.

4. Bawa perbekalan secukupnya,

Bawalah perbekalan (makanan dan minuman) yang cukup saat di perjalanan menuju puncak, seperti roti, kue, coklat, madu, air, minuman energi, dan lain lain. Ingat bawa secukupnya, agar tidak semakin terbebani dengan barang yang dibawa.

5. Bawa P3K,

Perlengkapan P3K sangat penting, bawalah P3K demi keamanan dan antisipasi jika hal buruk terjadi.

6. Selalu kompak, saling support, dan menjaga antar anggota tim,

Jalan menuju ke puncak memang tidak semudah yang dikira, maka itu kekompakan tim dan juga saling memberi support serta menjaga satu sama lain adalah hal wajib yang harus dilakukan. Selalu ingat semboyan, ‘Berangkat Bersama maka Pulang pun Bersama‘.

7. Bawa turun sampah, dan jangan vandalisme,

Ingat selalu, jangan meninggalkan sampah apapun dan jangan juga melakukan vandalisme atau aksi corat coret baik di batu, pohon atau benda apapun. Jadilah pendaki yang cerdas, dan peduli lingkungan.

8. Jangan paksakan diri jika tidak kuat atau tidak sehat,

Jika memang merasa tubuh kalian sudah tidak kuat atau merasakan tidak fit atau sakit, segera cari bantuan minimal pada teman satu tim dan segeralah turun ke dataran yang lebih rendah. Jangan paksakan diri untuk ke puncak gunung, sebab akan membahayakan diri dan orang lain juga. Selalu ingat ucapan ‘Puncak hanyalah bonus, karena tujuan mendaki ke gunung adalah pulang dengan selamat‘. (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.