Riset 3 Indonesia: Jalan-jalan Virtual Hanya Butuh Kuota 30 MB

Ilustrasi liburan virtual (dok. 3 Indonesia)

Mounture.com — Momen liburan sekolah di tengah pandemi Covid-19 membuat anak muda Indonesia harus menjalani liburan di rumah saja. Hal ini juga yang membuat liburan virtual melalui tur online di berbagai laman pariwisata menjadi tren belakangan ini.

Setiap laman pariwisata menawarkan pengalaman liburan virtual dengan fitur yang berbeda-beda. Ada situs yang menggunakan foto 360 derajat, teknologi street view, ataupun berbasis video review. Menanggapi hal itu, 3 Indonesia pun telah melakukan uji coba internal terbatas terkait konsumsi data terhadap beberapa tur virtual populer.

Dari hasil riset 3 Indonesia terkait konsumsi data dalam mencoba fitur-fitur dari laman pariwisata selama 30 menit, disebutkan bahwa Street view technology yang mengandalkan GPS dan rangkaian gambar menjadi fitur liburan virtual yang paling hemat data, yakni sekitar 30 MB.

Di sisi lain streaming video menjadi fitur yang paling banyak mengonsumsi data karena kualitas tampilan gerak yang tinggi, di mana rata-rata konsumsi datanya sekitar 350 MB. Sedangkan untuk jalan-jalan virtual menggunakan foto 360 derajat menghabiskan rata-rata konsumsi data sekitar 120 MB.

Chief Technical Officer Hutchison 3 Indonesia, Desmond Cheung, mengatakan bahwa tur virtual memberikan hiburan bagi kita dan keluarga yang harus menunda rencana perjalanan ketika liburan sekolah sekarang ini.

“Dengan fitur-fitur seperti teknologi street view dan video 360 derajat, kita dapat membayangkan bagaimana rasanya menelusuri tempat wisata favorit tanpa harus keluar dari rumah. Kami berharap teknologi dan produk kami dapat membantu pelanggan kami menikmati liburan virtual mereka,” katanya dalam keterangan tertulis, Kamis, 9 Juli 2020.

Pada April 2020 kemarin, 3 Indonesia juga telah menyiapkan teknologi pendukung jaringan seperti Dynamic Spectrum Sharing (DSS) dan Core Network Function Virtualization (NFV) yang disebut akan mengoptimalkan kapasitas koneksi 4.5G Pro serta meningkatkan kecepatan jaringan hingga 8x.

Dengan dukungan teknologi tersebut, pengguna diklaim dapat menikmati streaming konten-konten digital seperti foto street view dan video 360 derajat yang lebih lancar.

Selain itu, untuk menyiasati kebutuhan data liburan virtual, 3 menawarkan paket data dengan kuota lebih besar yang aktif selamanya yaitu AlwaysOn 8GB dan 16GB yang bisa memenuhi semua kebutuhan berinternet setiap hari (24 jam) di semua jaringan 3 Indonesia.

“Jaringan 4.5G Pro kami sudah hadir di 33 ribu desa di seluruh Indonesia. Kami berharap layanan ini dapat membantu jutaan masyarakat Indonesia beradaptasi di masa new normal ini dengan menambah wawasan lewat sarana virtual,” ujar Desmond. (MC/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.