0

Ini Cara Mudah Cuci Tenda Dome

Ilustrasi penggunaan tenda (Mounture.com/DenChito)

Mounture.com — Melakukan perawatan alat-alat gunung merupakan salah satu cara untuk membuat peralatan tersebut menjadi lebih awet dan bisa digunakan untuk jangka waktu yang lama.

Salah satu alat pendakian yang diperlukan perawatan khusus adalah tenda dome. Sebab, tenda merupakan sarana pendaki untuk beristirahat di kala melakukan perjalanan mendaki gunung.

Sebagai langkah awal untuk melakukan perawatan tenda dome adalah dengan melakukan pencucian usai digunakan pada kegiatan pendakian. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini cara mudah untuk mencuci tenda dome.

Langkah pertama adalah usahakan untuk selalu mendirikan tenda sebelum melakukan pencucian, bersihkan terlebih dahulu bagian alas tenda yang dalam, pastikan tidak ada kotoran tanah, plastik ataupun lainnya.

Selanjutnya, siram tenda dengan air mengalir (kekuatan air kecil) siram secara perlahan bagian luar tenda. Lalu usapkan bagian luar tenda dengan menggunakan kain halus atau spon dan jangan disikat.

Baca juga: Mau Beli Alat Gunung? Simak Tipsnya

Gunakan shampo (untuk rambut) dan jangan gunakan deterjen ataupun sabun colek. Usai bagian luar sudah dibersihkan maka segeralah mencuci bagian dalam. Pada bagian alas tenda, diperbolehkan di sikat menggunakan deterjen karena biasanya pada bagian ini tenda berbahan dari terpal.

Namun apabila alas tenda kalian bukan dari bahan terpal, ada baiknya tidak menggunakan deterjen, cukup dengan menggunakan shampo atau sabun yang tidak mengandung deterjen.

Setelah selesai membersihkan tenda, keringkan tenda dengan cara menggunakan kain kering atau kain plas chamois (kanebo) atau handuk untuk mengurangi air, lalu angin-anginkan tenda, jangan dijemur di bawah terik matahari langsung.

Langkah lainnya yaitu membersihkan frame tenda dari kotoran yang melekat, agar frame tidak berkarat dan mengurangi kelenturan frame. (MC/LS)