Gunung Ibu Kembali Erupsi, Kolom Abu Capai 800 Meter di Atas Puncak

  • 14 May 2022 12:10

Penampakan erupsi Gunung Ibu pada Sabtu, 14 Mei 2022 (Foto: dok Magma Indonesia)

Mounture.comGunung Ibu yang terletak di Pulau Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara, dilaporkan kembali mengalami erupsi pada Sabtu, 14 Mei 2022 pukul 09.03 WIT.

Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian ESDM, mencatat erupsi Gunung Ibu terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 28 mm dan durasi 65 detik menghasilkan tinggi kolom abu mencapai kurang lebih 800 meter di atas puncak.

“Terjadi erupsi G. Ibu pada hari Sabtu, 14 Mei 2022, pukul 09:03 WIT dengan tinggi kolom abu teramati kurang lebih 800 meter di atas puncak (kurang lebih 2.125 meter di atas permukaan laut),” tulis PVMBG melalui akun Twitter-nya.

PVMBG, menyebutkan letusan Gunung Ibu menimbulkan kolom abu berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah barat.

Untuk itu, PVMBG merekomendasikan masyarakat di sekitar Gunung Ibu dan pengunjung atau wisatawan agar tidak beraktivitas di dalam radius dua kilometer dan perluasan sektoral berjarak 3,5 kilometer ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif Gunung Ibu.

“Jika terjadi hujan abu, masyarakat yang beraktivitas di luar ruamh disarankan untuk menggunakan pelindung hidung, mulut (masker), dan mata (kaca mata),” tulis PVMBG. (MC/RIL)