0

Mengenal Aplikasi Magma Indonesia

  • 28 Januari 2022 07:02

Mounture.com — Banyaknya gunungapi di Indonesia kerap kali menimbulkan kekhawatiran akan adanya peristiwa yang tak terduga akibat gunungapi tersebut. Selain itu, tingkat aktivitas gunung yang ada di Indonesia juga seringkali mengalami perubahan.

Untuk menjawab kekhawatiran itu, kini telah ada aplikasi yang memberikan informasi terkait status gunung-gunung yang ada di Indonesia. Melalui aplikasi Magma Indonesia, pengguna bisa mengetahui informasi dan rekomendasi kebencanaan geologi.

Aplikasi ini dibangun dan dikembangkan secara mandiri oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) sejak 2015 lalu dengan menggunakan teknologi terkini berbasis open-source.

Dikutip dari akun instagram Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) (@bbtnbromotenggersemeru), disebutkan bahwa aplikasi ini menyajikan informasi, dan rekomendasi kebencanaan geologi secara real-time dan interaktif. Jadi di manapun, kapanpun, pengguna dapat memperoleh informasi dengan mudah melalui website atau bahkan melalui telepon selular (ponsel).

Magma Indonesia dibangun untuk memudahkan penyampaian informasi dan rekomendasi terkini mengenai kebencanaan geologi dengan tujuan agar setiap individu kelak tidak buta bencana. Sebab, mitigasi bencana adalah tanggungjawab kita bersama.

Adapun aplikasi Magma Indonesia ini sudah tersedia di Playstore dan App Store. (MC/RIL)