0

Pegal saat Mendaki Gunung, Gunakan Daun Gatal

  • 23 Desember 2021 07:16

Foto : dok. Biodiversitywarriors

Mounture.com — Melakukan aktivitas mendaki gunung pastinya akan menguras banyak tenaga. Hal itu terkadang yang membuat badan menjadi pegal-pegal saat pendakian.

Menghilangkan rasa capek dan lelah maupun pegal-pegal memang ada beberapa solusi baik itu di pijit maupun menggunakan obat, namun ada cara lainnya untuk menghilangkan pegal tersebut yaitu menggunakan daun gatal.

Daun gatal yang memiliki nama latin Laportea ducumana atau yang dalam bahasa warga lokal Biak disebut daun raprap ini berkhasiat untuk obat alternatif kesehatan masyarakat lokal Biak. Daun gatal adalah tumbuhan alam hutan asli Papua dari famili Urticaceae yang memiliki bulu atau duri halus di permukaan daun.

Kendati di Indonesia daun gatal belum terlalu populer, akan tetapi untuk masyarakat di Papua daun gatal adalah yang nomor satu di Tanah Papua. Daun gatal merupakan obat yang mujarab dan dipercaya dapat menyembuhkan beberapa gangguan kesehatan, di antaranya pegal-pegal, kurang enak badan, nyeri, sakit perut, sakit kepala, dan masih banyak lagi.

Keunikan daun gatal ialah jika digosok akan menimbulkan gatal-gatal pada kulit, akan tetapi ketika selesai digunakan pada badan maka lelah akan hilang dan badan kembali segar.

Berikut ini cara menggunakan daun gatal untuk mengatasi pegal-pegal saat pendakian. Pertama usapkan lembar demi lembar daun gatal kebagian yang terasa lelah dan pegal, seperti paha, betis, lutut dan lainnya.

Kemudian, setelah digosokkan ke tubuh, maka tubuh akan menimbulkan reaksi berupa perasaan gatal, sedikit perih, dan timbul bentolan-bentolan. Usai 10 menit, bentol dan gatal pun hilang serta rasa pegal pun akan mereda. Berani coba? (MC/PC)