Mau Beli Alat Gunung? Simak Tipsnya

Ilustrasi Alat Pendakian (Mounture.com/Nur Cholish)

Mounture.com — Berniat untuk melakukan pendakian ke gunung, berarti kalian harus memiliki peralatan-peralatan penunjang kegiatan di alam bebas itu. Sebab, mendaki gunung merupakan salah satu kegiatan yang cukup menantang dan berbahaya, oleh karenanya mempersiapkan peralatan pendakian wajib dilakukan.

Adapun peralatan-peralatan pendakian yang harus dimiliki cenderung banyak, dan juga memiliki harga yang mahal. Kendati banyak jasa penyewaan alat gunung, namun tidak afdol rasanya jika tidak memiliki alat-alat gunung sendiri.

Dengan harga serta banyaknya peralatan, maka disarankan bagi pendaki pemula yang ingin membeli peralatan tersebut bisa melakukannya dengan cara membeli bertahap atau mencicil. Nah, berikut ini beberapa tips sebelum membeli alat gunung seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Beli alat gunung untuk personal

Dengan harga yang cukup mahal, maka bisa disiasati dengan membeli secara bertahap. Adapun tahap pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membeli peralatan gunung yang diperuntukkan bagi diri sendiri atau personal.

Mulai dari ransel, sepatu, sleeping bag, head lamp, matras, gaiters, hingga jas ujan. Setelah kalian telah memenuhi peralatan untuk personal, kalian bisa membeli perlengkapan lainnya, seperti kompor, dan tenda.

2. Baca review barang

Sebelum melakukan pembelian, kalian mesti paham mengenai peralatan gunung yang akan kalian beli. Caranya adalah dengan membaca ulasan atau review produk yang banyak tersedia di mesin pencari atau sosial media.

3. Tunggu diskonan

Biasanya toko-toko peralatan gunung akan memberikan banyak diskon menjelang hari-hari besar, seperti tahun baru, atau lebaran. Atau kalian juga bisa berkunjung ke pameran-pameran outdoor yang seringkali digelar di kota-kota besar yang seringkali memberikan diskon yang cukup tinggi pada gelaran tersebut.

Tak hanya itu, saat ini juga banyak portal jual-beli online menawarkan banyak diskon untuk berbagai produk, termasuk peralatan pendakian.

4. Beli produk dalam negeri

Peralatan-peralatan pendakian dengan merek luar negeri memang cenderung memiliki kualitas bagus tapi harganya yang mahal. Namun jangan salah, merek-merek dalam negeri pun kini memiliki kualitas yang hampir sama dengan merek luar tapi dengan harga terjangkau. Oleh karena itu pertimbangan dalam membeli merek dalam negeri cukup disarankan untuk mengurangi beban pengeluaran.

5. Beli di toko

Meski membeli barang melalui online lebih mudah dan cepat, tapi nggak ada salahnya kalian membeli langsung di toko. Gunanya adalah untuk memastikan barang yang kalian beli sesuai dengan yang kalian inginkan. Contohnya, membeli sepatu, terkadang tiap vendor punya standar ukurannya sendiri-sendiri. Oleh karena itu, membeli sepatu di toko offline bisa mencegah kesalahan dalam pemilihan ukuran.

6. Bertanya ke teman

Jika kalian belum yakin dengan alat yang akan dibeli, sebaiknya kalian bertanya kepada teman yang lebih berpengalaman dalam hal membeli peralatan gunung atau yang bisa melakukan pendakian. Dengan berkonsultasi dengan teman, maka kalian akan disarankan untuk membeli barang-barang yang sesuai dengan yang diperlukan. (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.