Sambut Idulfitri, Objek Wisata Alam di Gunung Merapi Ditutup

(Mounture.com) — Menyambut Hari Raya Idulfitri, Balai Taman Nasional Gunung Merapi (BTNGM) mengumumkan akan menutup sementara objek wisata alam yang terdapat di kawasan Gunung Merapi pada 5 Juni 2019.

Adapun penutupan objek wisata alam tersebut tertuang dalam surat edaran bernomor PG12/BTNGM/Ren/05/2019 tentang penutupan objek wisata di kawasan TNGM pada libur Idulfitri tahun 2019 yang ditandatangani oleh Kepala Balai TNGM, Pujiati.

Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa sehubungan dengan libur Idulfitri 1 Syawal 1440 H tahun 2019, maka objek wisata dalam kawasan TNGM, yaitu Tlogo Muncar dan Tlogo Nirmolo (Kaliurang Pakem), Panguk dan Plunyon (Kalikuning Cangkringan), Deles (Kemalang Klaten) dan Jurang Jero (Srumbung Magelang) akan ditutup selama satu hari yaitu tanggal 5 Juni 2019 dan buka seperti biasa pada hari berikutnya.

Dikutip dari Tribun Jogja, Sabtu (1/6/2019), Kepala Balai TNGM, Pujiati mengatakan, penutupan tersebut dilakukan agar para staf TNGM dapat menikmati suasana lebaran dengan berkumpul bersama keluarga.

“Jadi bukan karena status Merapi ya yang masih tetap waspada. Guguran lava atau awan panas tidak selalu terjadi dan mengarah ke hulu kalu gendol/tenggara dan masih di batas aman 3000m/3km. Kami juga selalu memantau aktivitas Merapi dan dapat laporan dari BPPTKG per 6 jam,” ujarnya. (MC/PC)

Foto: dok. Instagram